Rabu, 13 Juni 2012

Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#1/4)

Persiapan dan Bawaan apa yang diperlukan selama Umroh??

Sebagian Perlengkapan Haji/Umroh
Pertama kali kesana, bingung, apa saja yang akan dibawa ke Tanah suci untuk Umroh....

Nah... saya cerita pengalaman selama Umroh, dengan persiapan-persiapan dulu ya…siapa  tahu ada yang (baru pertama kali) akan UMROH, jadi bisa share tentang apa yang dibawa, belajar dari pengalaman …..sebelum berangkat.

Kalau perasaaan dan gejolak emosi selama disana (saat pertama kali UMROH) sudah saya ceritakan di Link ini  EMOSI tertahan di TANAH HARAM


Seperti juga persiapan mau keLuar negeri, seperti yang saya sampaikan di artikel Tips sebelumnya,  Klik disini bila belum baca….untuk pergi kesana juga sama persiapannya…hanya untuk Persiapan ke Tanah SUCI ini agak berbeda, terutama perbekalan atau barang bawaan pada saat umroh, berdasarkan pengalaman disana,  perlu dibuat ceklis, ….dan ini untuk persiapan UMROH, kalau HAJI tentu beda lagi…bisa lebih banyak lagi.

Berikut saya uraikan sebagai bahan referensi, dengan Asumsi UMROH selama 9-10 Hari…..

:: PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT :

1. Pembuatan PASPOR dengan Nama TIGA KATA, kebetulan Nama saya hanya satu KATA, jadi saya buat menjadi TIGA Nama, dengan mengambil nama Ayah. Jadi kalau belum buat PASPOR dibuat saja TIGA Nama, kalau sudah terlanjur buat PASPOR, tinggal dibuat Catatan/CAP Imigrasi pada lembar kosong di PASPOR. Ingat Lho, disini…., pembuatan PASPOR bisa lama…jadi persiapkan jauh-jauh hari (minimal 3 hari sebelumnya)… beda sama SIM/KTP yang saaat ini sudah mulai praktis dgn SIM Keliling atau e-KTP.
2. Pembuatan VISA Umroh, biaya dari Arab Saudi GRATIS,  untuk Visa Umroh ini, dan biasanya dibantu oleh penyelenggara TRAVEL, untuk proses ini, berbarengan dengan persiapan TIKET Pesawat PP. Biasanya persyaratannya menyerahkan FOTO 4x6, dengan 80% Muka (jadi fotonya khusus Muka saja) sebagai kelengkapan.
3. Sertifikat atau kartu kuning Suntik Meningitis, untuk mendapatkannya, tinggal datang ke KLINIK, biasanya di Klinik Bandara, Bandara Mana saja….., bayar sekitar Rp.150.000–Rp.300.000, tergantung Kliniknya, dan disediakan juga Imunisasi Influeza dll, untuk menghindari virus selama Umroh/haji.
4. Uang secukupnya…..diluar biaya Umroh ya,...untuk Bekal….kalau tidak terlalu agresif untuk belanja, saran saya (minimal) bawa Rp. 5 juta Rupiah atau setara US $550, atau setara dengan (Saudi Real) SR 2000,- sih Cukup ….. saat artikel ini dibuat, Nilai 1 Real=Rp2.500,- …kecuali kalau mau belanja,  yaaaa… disesuaikan saja dengan belanjaannya. Antisipasinya adalah apabila dalam proses tahapan-tahapan umroh kita harus membayar Denda, demi sempurnanya Ibadah Umroh ini. Sebelum berangkat, tidak tukar uang Real Saudi juga gak apa-apa, karena disana, Uang Rupiah berlaku….atau kalau tidak ingin repot, bawa Kartu ATM saja (tapi yang ada isinya hehe…) selama disana ambil disetiap ATM Bank apapun di Mekah dan Madinah, bisa langsung dapat Saudi REAL (SR)…..jadi tenang saja…Saudi Negara Asyik (bersahabat) untuk orang Indonesia.
5. Perbekalan lain, untuk Laki-laki dan Perempuan jelas berbeda… untuk refernsi selama saya disana bisa lihat dibagian bawah ini.

Saya menampilkan CEKLIST dibawah  ini paling optimal, jadi boleh ditambah atau dikurangi,  dengan Asumsi pelaksanaan UMROH selama 10 hari… dengan uraian Mekah 6 hari 5 Malam, Madinah 3 hari 2 Malam dan Jeddah 1 Hari 1 Malam,  Karena terlalu banyak bawaan juga percuma juga kan?

Saya bawa Koper Hardcase roda, berukuran 26”, dan koper Cabin Softcase roda  ukuran 20”. Sementara isteri saya, bawa Koper Hardcase roda, berukuran 28” (lebih besar dari saya, karena bawaanya lebih banyak), dan koper Cabin Softcase roda ukuran 20”
Dan semua koper diset tidak terlalu padat, bahkan longgar…untuk antisipasi bawa oleh-oleh pulang dari sana…..makanya optimalkan barang bawaan, jangan terlalu banyak…..

Jadi Total bawaan :  2 Koper masuk bagasi, 2 koper dibawa di Cabin Pesawat.

:: CEKLIST BAWAAN

Sebelum berangkat, perlu dibawa barang2  berdasarkan referensi, sebagai berikut :

BAWAAN untuk LAKI-LAKI :
1. Kain IHRAM, kalau anda mau melaksanakan lebih dari Tiga kali UMROH, diperlukan Dua Set (4 Kain Ihram) atau paling tidak 3 Kain ihram, ini diperuntukkan sebagai ganti bagian atasnya..... kecuali kalau maks hanya 3 Kali Umroh, Satu Set (Dua Kain Ihram) saja, saya kira cukup.
2. Ikat Pinggang Kain Ihram, biasanya disediakan juga Penyelenggara Umroh
3. Tas Pinggang untuk Dokumen Lengkap Paspor dan Name Tag Travel  yang diberikan dari Penyelenggara Haji/Umroh, biasanya akan diberikan pada saat mau berangkat di Bandara, kalau mau beli di Supermarket juga ada.
4.  Baju Koko, dan Kaos Dalam Putih kira-kira diperlukan masing-masing 4 Potong, warna putih lebih baik…tidak juga tidak apa-apa.
5.  Sarung untuk sholat cukup satu saja, sebenarnya gak bawa juga tidak apa-apa....selama disana kebanyakan pake celana putih saja, lebih simpel.
6. Celana Putih, 3 Stel, ...biasanya banyak di toko-toko muslim atau perlengkapan haji.
7. Celana biasa atau  Satu Stel Baju untuk Pulang, yang ini bebas… sebagai ganti selain baju yang dipakai pas berangkat.
8.  Peci, boleh bawa atau tidak, atau mau beli disana juga banyak.
9.  Handuk Kecil, cukup satu buah...bila diperlukan, tidak bawa juga tidak apa-apa.
10.Toiletris (Sikat gigi, Sabun Mandi, Shampoo, deodoran dll) walaupun sebenarnya di hotel disediakan,  kecuali sikat gigi, utk Hotel Berbintang biasanya tidak disediakan Sikat Gigi, jadi bawa saja untuk Sikat Gigi.
11.Celana Dalam dan Kaos Dalam, bawa secukupnya…..atau ganti dengan Disposal (Sekali buang), ini lebih praktis, banyak dijual di Supermarket atau di Perlengkapan Haji juga ada.
12. Satu Setel baju ala Maroko, satu stel saja, biasanya ada atasannya yang panjang dan bawahan, atau diganti Baju Koko lagi, juga tidak apa-apa
13. Sendal Jepit, atau sandal Kulit seperti Sandal Gunung, karena selama Umroh diwajibkan jari-jari kaki dan Tumit/mata kaki kelihatan, jadi biarin aja selama disana kita terus-terusan pake sandal jepit, dan lebih praktis….
14. Kantong Plastik, walaupun sebenarnya plastik ini disediakan di Masjidil Haram, tapi kadangkala habis, jadi tidak ada salahnya kita bawa.
15. Tas kecil Selendang utk selalu kita bawa-bawa seperti kamera saku, sandal selama di masjid, buku doa, dll.
16. Kaca Mata Hitam, harus ada….berada di Mekah, begitu masuk halamannya saja anda tidak akan kuat melihat, memicingkan mata…..untuk itu perlu bawa Kacamata dengan kegelapan 40-60% akan cukup nyaman.
17. Gunting Cukur kecil, untuk TAHALLUL, tapi simpannya di koper Bagasi saja, atau untuk Tahalul bisa juga pinjam temen selama disana.
18. Obat-obatan khusus, sesuai dengan penyakit yang biasa kita derita, missal obat sakit kepala, masuk angin dll….
19.Kamera saku, barangkali mau foto-foto disana, jangan lewatkan momen selama disana, pemandangan luar biasa, untuk laki-laki, disana bebas bawa kamera.  Saya malah bawa Kamera DSLR besar juga…karena banyak momen dan View bagus, …sayang kalau sampai dilewatkan. Hanya untuk Perempuan, hati-hati selama di Masjid Nabawi/Madinah, karena disitu Wanita dilarang bawa kamera, bisa-bisa dibanting tuh kamera sama Asykar Wanita disana.
20. Buku doa, Alquran kecil, … dan kebutuhan lain yang diperlukan
21. Handphone atau BB, untuk keperluan komunikasi, kartunya bisa beli disana, atau tetap pake roaming data atau BB, seperti yang saya lakukan, kebetulan saya pake Halo Telkomsel, jadi saya cukup tekan *266#, pilih BB unlimited, selama seminggu hanya Rp 99rb, dan atau Data Unlimited Rp 50rb per hari...kalau merasa kemahalan, biarkan saja Roaming, karena Telkomsel membatasi penggunaan maksimal Rp 20rb per hari untuk 10 Mb, terhitung murah untuk international....ingat ini hanya di Arab, ..kalau ke Singapore hati-hati, malah bisa mahal banget ...


BAWAAN Untuk PEREMPUAN :
Kalau untuk bawaan Perempuan, ini referensi dari isteri nih, selain diatas perlu ditambah  :
1. Pakaian Selama Umroh, tidak dikhususkan untuk wanita, yang penting menutupi aurat, kecuali muka dan telapak tangan, jadi beli aja penutup telapak tangan.
2.  Mukena, cukup dua set  dan atasan Mukena, Dua buah
3.  Gamis, untuk pengganti pakaian disana.
4.  Kerudung, Jilbab atau Bergo lebih sip lagi….
5. Manset tangan, supaya saat melambai ke hajar aswad saat Thawaf,  Pakaian tangan tidak terbuka.
6. Baju Atasan dan Bawahan disesuaikan, 4 Stel cukup kali.
7. Kaos Kaki, empat pasang, ditambah kaos kaki yang anti selip atau kaos kaki jempol lebih baik lagi.
8. Sepatu karet khusus untuk disana, biar nyaman utk dipakai.
9. Jaket, Satu buah untuk hindari dingin
10. Tissue, sapu tangan semacamnya..kalau bisa Tissue tanpa Parfume...takut lupa disaat Umroh, kalau kena wangi-wangian kena denda.
11. Perlengkapan Khusus Wanita lainnya…(tahu sendiri kan?)
12. Sunblock dan Lipsbalm dll.

Demikian sekilas persiapan….
intinya pakailah Pakaian yang terbaik (bukan berarti Mahal), pantas, memenuhi syarat menutup aurat, untuk beribadah menjadi Tamu Allah....

Semoga dapat membantu,  menjadi bahan referensi bagi yang mau berangkat Umroh… Semoga lancar dan mendapati kemudahan dan khusuk menjalani ibadah disana….
Titip doa juga ya, Semoga bisa kesana lagi untuk Berhaji dengan keluarga….betapa nikmatnya…
semoga dapat menjalani UMROH yang MABRUR, Aamiin3 YRA.

Salam,
Hendrawan

    Anda suka, tertarik, atau ada teman yang memerlukan panduan sebelum UMROH ini? bila iya, Anda bisa "like" atau "berbagi - Share"  kepada teman-teman Anda, siapa tahu memerlukan juga, dengan menggunakan berbagai fasilitas FB, Twitter atau lainnya dibawah ini...



Baca juga Wisata lainnya :

ARAB SAUDI
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#1) - Persiapan dan bawaan Umroh
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#3) - Wisata Religi Mekah–Madinah–Jeddah

KUALA LUMPUR - MALAYSIA

HONGKONG DAN SHENZHEN (CHINA)

AUSTRALIA - SYDNEY

CHINA - SHANGHAI

KOREA - SEOUL

SINGAPURA


PENTING!! sebelum ke Luar Negeri BACA :  Tips Perjalanan Ke Luar Negeri


2 komentar :

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan