Jumat, 28 Oktober 2011

Wisata Australia - Tempat Wisata Sydney Part2/3

Sambung lagi yaa, setelah cerita perjalanan Jakarta – Sydney dan Tips serta Serba-serbi-nya usai………… Sekarang, cerita Lokasi Wisatanya....
Mari kita nikmati dulu Lokasi-lokasi mana saja tempat Wisata yang sempat saya kunjungi di Sydney ini…..semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang mau kesana.... 

:: DARLING HARBOUR

Kunjungan wisata pertama adalah DARLING HARBOUR…. Pelabuhan DARLING, namanya aja ya....sesuatu banget...:)

Sebenarnya, bagi yang pernah ke Singapura…. kalau melihat tipikal Bangunan, penataan dan arsitektur di pelabuhan ini mirip dengan Singapura (Lokasi Marina dan pemandangan dari Merlion ke arah kota seperti esplanade, hi-Flyer  dll) ….dan dari penamaan tempat dan jalan juga mirip-mirip…. Mungkin karena sama-sama bekas Koloni Inggeris kali ya…. atau, jangan-jangan Singapura nyontek Australia.....ya gak tahu deh..yang jelas dua-duanya sama bagusnya....


Darling Harbour - Foto diambil dari Cruise
Lokasi Darling Harbour berada di  TELUK yang disebut Cockle Bay, persis berada di belakang Hotel di tempat kita menginap FOUR POINT-SHERATON, cukup melewati dulu tiga jalur jalan selevel Jalan TOL, ……..hanya saja enaknya …ada jalan singkat/tembus yang menyeberang langsung menuju Darling Harbour………



Disini, Berderet Kapal Boat, Yacht, Cruise, Kapal-kapal Wisata atau Taxi Boat yang sedang terparkir….. Putih, berjajar dengan rapihnya…….dan dipinggirnya adalah DARLING PARK yang berjejer Bar dan Restoran Seafood dan Steak terbaik…. dan disinilah kita makan pertama kali……….

Darling Harbour - Vie dari Belakang Hotel
Diseberangnya, tampak Harbourside Shopping Centre yang bagian depannya sering dipakai tempat anak-anak muda unjuk kebolehan dan kreatifitas di sore hari ……… daaan… seberangnya Darling Park, ada Museum Maritim Australia, tertulis ….Australian National Maritime Museum…..yang depan museumnya, dilengkapi Display Kapal Perang dan Kapal Selam betulan…….   Kereen ya…?

Ditengah-tengah Darling Harbour ini, Melintang……jembatan yang cukup lebar untuk Para Pejalan kaki dengan Sydney MONORAIL di bagian atasnya ….
Ditengah Darling Harbour, menjulang Tiang Bendera Australia Tinggi…..berkibar-kibar….. dan kalau Nengok ke Belakang, akan Terlihat SYDNEY TOWER. Suasana dan udaranya juga lagi baguss....  Matahari bersinar Terang,… tapi Dingin… sepi…  sore hari….indah…rapih….…..hmm bageuss…bageuss…..

Disini juga anda bisa nonton SYDNEY Aquarium (sejenis Sea World di Ancol), ada juga Sydney WILDLIFE WORLD yang masih berada dikawasan ini….. dan tentunya MADAME TUSSAUDS….hehe…asli nih, sebelumnya saya gak tahu, kirain sejenis hiburan apa Madame Tussauds ini…..temenku ngasih tahu….kalau itu museum lilin dari orang-orang terkenal itu lhooo….jadi kalau masuk kesana, kita bisa nampang disitu di patung-patung lilin dari orang-orang terkenal……..

:: THE ROCK dan CIRCULAR QUAY

Circular Quay - The ROCK
Perjalanan kesini membutuhkan 15 menit dari Darling Harbour dengan Cruise Boat, tentu saja dengan perjalanan santai saja….. perjalanan melalui Laut cukup menyusuri Teluk, setelah melewati Pemandangan Indah Harbour Bridge dari Kejauhan…..CIRCULAR QUAY Nampak dengan Parkirnya Kapal-Kapal Wisata Skala Besar…..

Perjalanan melalui laut, menyenangkan,  karena walaupun dengan matahari terik….udara tetap dingin..benar-benar udara yang pas/ideal untuk outdoor.…


Pemandangan dari Circular QUAY
Namanya mirip juga seperti Klark Quay di Singapura, …bedanya kalau Klark Quay sungai dengan hiasan kepal-kapal menuju laut….  Kalau CIRCULAR QUAY, terminal pelabuhan…. FERRY/Kapal-kapal pesiar Besar dan Yacht, yang kalau jalan kaki sebentar saja menuju Opera House….lokasi ini berada di kawasan THE ROCKS, …Teluk Kecil Sydney (Sydney Cove)…..dipinggirnya ada taman bermain dan Opera Quays, serta Restoran yang indah sekali bila datang di Malam hari….. pemandangan dengan gedung-gedung antik yang kental Barat/Eropa, dengan pemandangan Harbour Bridge dan Opera House tentunya di sebelah kiri dan Kanannya….Ciamiik…bibehh…

:: OPERA HOUSE

OPERA HOUSE from CRUISE
Ini dia symbol Australia yang paling beken sekaligus LANDMARK-nya Kota SYDNEY.  Katanya, belom ke Australia kalau belom berfoto dengan Background OPERA HOUSE…  eh...ehhh…….. TAPI,….kayanya Opera House itu bagusnya kalau difoto dari jauh aja  ….. kalau dari dekat, apalagi bagian depannya…gak jauh kalau kita foto di rumah gaya minang atau Sulawesi haha……… becanda... Pastilah Setiap Orang tahu itu di Australia……Kalau kita berada di OPERA HOUSE, dengan Arsitektur Khas-nya….

Nite in OPERA HOUSE
Katanya nih…. Opera House ini dibangun Tahun 1959 dan diresmikan Tahun 1973,…saat ini OPERA HOUSE menjadi IKON sekaligus SIMBOL dari Kota SYDNEY. Gedung Opera House ini, dirancang oleh arsitek Denmark bernama Jorn Utzon. Sebuah ruangan yang di dalamnya didedikasikan untuk arsitek ini dan disebut ruang Utzon. Ruangan ini memiliki pemandangan menakjubkan ke arah Sydney Harbour. Didalamnya ada Ruang utama yaitu  Concert hall dan Opera theatre.

Apalagi kalau pas malam Hari…..dengan Live Musik di Restoran Pinggir Teluk…dengan Sajian Seafoodnya…….Woooww……duh suasananya……kata Syahrini sih..SESUATU BANGET…:))


:: SYDNEY HARBOUR BRIDGE

SYDNEY HARBOUR BRIDGE, atau Jembatan Pelabuhan SYDNEY  ini adalah jalur utama yang  menyeberangi Pelabuhan Sydney (Sydney Harbour) dan  menghubungkan antara distrik pusat bisnis Sydney (Sydney CBD) dengan wilayah utara Sydney (North Sydney).

Noon at Harbour Bridge
Foto yang saya tampilkan dibawah ini, saya ambil saat kita  mau melintasi Jembatan ini dari dalam TAXI, bagian bawah nanti ada saat saya menaiki BUS Double Decker, yang persis melewati bagian bawahnya….dan Gambar sebelah pemandangan yang dari arah Laut….dari atas CRUISE atau Kapal Ferry Wisata.


Nite View
Jembatan ini terdapat jalur kereta api, kendaraan bermotor, sepeda, dan trotoar dan bisa dipakai Jalan kaki, bahkan sampai keatasnya…asyik kayanya yaa……sayangnya,  gak sempat ….karena waktu yang terbatas…tapi cukup melewatinya saja….

Ada lagi nih…..kata orang sana… jembatan ini dinamai The Coathanger alias gantungan pakaian, karena designnya yang melengkung di bagian atas mirip Gantungan Pakaian…..hmm bener juga yaa….meskipun sebutan ini semakin jarang disebut.

Harbour dari dalam  TAXI
Menurut Guinness World Records, …info dari Wikipedia…… jembatan ini adalah yang terlebar di dunia, sekaligus sebagai jembatan lengkung berkerangka besi tertinggi di dunia dengan puncaknya berdiri 134 meter di atas permukaan pelabuhan. Jembatan ini juga tercatat sebagai jembatan lengkung besi terpanjang nomor empat di dunia.


:: ANZAC BRIDGE

Selain Jembatan Harbour ada juga Jembatan Anzac, atau disebut juga ANZAC BRIDGE, Cuma tidak sefenomenal HARBOUR BRIDGE, jembatan ini Seperti Jembatan Kabel. Anzac Bridge cukup panjang dan wahhh  (kalau di Indonesia), tapi karena di Australia...kalah pamor sama Harbour Bridge.

:: SYDNER TOWER

Sydney Tower - View Monorail
Nah….Kalau Lokasi ini, sebenarnya bukan karena kita pernah masuk kesana..…tapi memang Tower ini selalu kelihatan ……kalau masuk ke Towernya sih….…hehe…soalnya nyaris dari setiap penjuru, Tower ini Kelihatan terus. Lokasinya berada di Centerpoint Tower…. PITT Street (Jalan PITT)…..dan, dari keterangan GUIDE-nya, PITT Street ini adalah termasuk kedalam Kawasan Jalan termahal di dunia……wedeww…

Supaya lebih dramatis, saya ambil Fotonya dari atas jembatan Darling Harbour, dengan View Monorail...fiuuuhhh.....mantap kali nih jepretannya kan, setuju gak bro..?  :)


:: BONDI BEACH

Ini nih….selain karena pengunjungnya yg asyik punya .... Lokasinya juga  Asik dengan Panorama Eksotis….ciee….Selain Pantainya yang bagus, BONDI BEACH dengan Pasir berwarna PUTIH, Ombak sedang-sedang saja, Karang-Karang yang menjulang dengan Bebatuan yang terpelihara ASLI……………. pantai BONDI, punya keunikan selain asli (gak terlalu asli juga sih) dan karena penataannya yang luarbiasa…..

Menyusuri Pantai tidak terasa lelah…..bahkan sampai menjelajahi pinggir pantai yang berbentuk Karang sampai ujung..….. ketemu BONDI ICEBERG, semacam SPORT CLUB sekaligus CAFÉ, uniknya… BONDI ICEBERG ini, memiliki Kolam renang persis pinggir pantai yang selalu kena HAJAR deburan Ombak…., pemandangannya menjadi DRAMATIS sSsSyyyaah…..

:: PADDYS MARKET

Paddys - Market City
Ini nih tempat belanja Favorit wisatawan, khususnya Kita-kita dari Asia…..kenapa? karena dibanding dengan Lokasi lain, barang/Souvenir disini agak miring alias rada murah…….tahu sendiri Dollar Australia, saat berada disana ….Nilainya Lebih Mahal dari Dollar Amerika……. Jadi US$ 100 ditukar, mendapat Dollar AU$ 98 …..saat saya nulis ini, lebih parah lagi…..Uang Amerika memang lagi kesakitan akhir2 ini….

Paddys Market, dekat dengan Chinatown atau Chinese Garden….pemandangan asyik juga diluar Gedung…. Karena ada Kereta dalam Kota atau TREM (Metro Light Rail vehicle) lalu lalang…hehe…..jadi kaya di luar negeri…..weiiii.....EMANG!!


Depan Paddys Market
Paddys Market ini bentuknya Gedung, dimana khusus lantai bawah tempat jualannya seperti Lapak/Kios……tapi terbuka…… Luas sekali…. Bagian depan Paddys terdiri dari barang-barang Souvenir, Tas dll…… di Bagian belakangnya……Tempat Jualan Sayur dan Buah…..tapi beda sama di Kita, PASAR Sayur/Buah disana …nyaris tak berbau….apalagi sampe BeCEKK atau ZORROKSss….  J

Lantai atasnya, sama aja seperti Mall-Mall biasa, tempat makan....persis seperti Mall di negeri kita saja... dan harus diingat, Market City ini, tutup di hari Selasa...hehe...kita kesini pas Selasa...wwwaaaa.... cuma jalan2 aja akhirnya..... 

:: CENTRAL (RAILWAY) STATION
Kawasan - Central Station

Lokasi ini juga, …Cuma lewat aja ..persis didepan CENTRAL STATION, kita jalan kaki…..  
CENTRAL STATION ini disebut juga TERMINAL STDNEY, terlebar di Kota Sydney, karena menghubungkan Kereta Api/Listrik baik dalam kota, maupun luar kota.

katanya juga nih pada tgl 5 Agustus 2006 lalu, baru merayakan umurnya yang ke 100 tahun…. Masih muda lah…. Masih tuaan Kota Bandung…haha……….

Ingin tahu detail tentang Central Station ini….klik disini


:: LOKASI WISATA LAINNYA.

Banyak lagi Lokasi-lokasi Wisata yang sebenarnya masih ingin dijelajahi….Misalnya saja BLUE MOUNTAIN, perlu waktu 2 jam kalau kesini…. katanya…….  Perjalannya Ke arah Pinggiran …tapi bagus….yaa semacam jadulnya AUSIE kali ya….dengan gaya desa-desa BARAT jaman baheula….. bisa melihat pemandangan yang natural di Ausie….

Lokasi dalam kota sendiri juga belum terjelajahi, Keliling di Kawasan PADDINGTON yang nuansa EROPA, atau FISH MARKET….dan lainnya…..kelihatannya asyik..karena kita hanya lihat dari atas BUS aja… Ada lagi KINGS ROAD, hehe...kalau yang ini jalur MERAH-nya Kota Sydney, alias jalur Orang DEWASA...hmmm....boleh juga .... ;)

Tapi jangan lupa, ...JALAN KAKI juga jadi Wisata Asyik loo.....apalagi yang suka Photograph....banyak objek....itulah kenapa, kalau radius 1 km dari Hotel sih...sudah kita kelilingi.....sambil melihat sudut-kota yang nyaris ada keunikan tersendiri.....apalagi namanya di negeri orang....akan banyak hal unik ditemukan.

Banyak lagi Lokasi lainnya yang belum terjamah.......tapi apa daya……..kembali ke masalah WAKTU !!...kapan-kapan kesini lagi deh.. J

:: TIGA Jalur MENGUASAI Sydney

Sydney, Kota yang indah…..sayang kalau dilewatkan begitu saja…..makanya kita berlomba dengan waktu saat di Sydney untuk memanfaatkan moment-moment penting dari setiap sudut Kota, ……. Bangunan-bangunan Antik gaya Barat….jalan-jalan serta penduduknya….
Bayangkan saja, saat pulang urusan kerja …..sehabis pulang kerja sore hari, nyaris jarang di Hotel… saya ajak temen keluar hanya untuk jalan-jalan…. Lumayan…..kapan lagi “hunting” foto dengan si “NIKON”  ini…. Objek bagus….Enak dibidik….jeprett dahh…..

Saran saya nih, Sebenarnya untuk mengelilingi Kota Sydney, ternyata cukup efektif dengan menggunakan Tiga jalur Transportasi……….
CitySightSeeing BUS

1.  Jalur Kapal (Cruise Line atau Kapal Ferry Wisata/Pesiar) untuk pemandangan dari Laut….ada Captain Cook Cruises, ada Magistic Cruise…. banyak lagi, semua menawarkan keasyikan berlayar mengelilingi Sydney dari arah Laut/Teluk – Lama Tour sekitar 2 Jam…..untung aja gak masuk angin… Bayarnya nih ya…. untuk naik CRUISE saja, DEWASA AU$39   dan anak-anak AU$23 …. Gak usah pake Makan di Restorannya deh kalau uang mepet  haha…..(Lihat Wisata Kuliner  Sydney)
Cruise yang dinaiki
2.  Jalur Darat, yaitu dengan naik BIS Double DECKER,…semacam CITY TOUR pake BIS model HOP-ON-HOP-OFF namanya CITYSGHTSEEING EXPLORER, selama 24 jam kita bisa menggunakannnya …..BEBAS, tapi bayarnya juga gak murah juga sih, kalau untuk ukuran Indonesia….Dewasa AU$ 35 (sekitar Rp 330 Rb-an) dan anak-anak AU$20 (Sekitar Rp 190 rb-an) atau dengan METRO BUS/SHUTTLE BUS semacam BIS KOTA-nya kota Sydney,…. sekali NGESOT…. haha…maksudnya sekali naik AU$5.5 alias Rp50 Rebu…wakakak………kalau di Indonesia bayar segini bisa ditimpukin tuh BIS….
dari atas BUS
3.  Jalur Setengah Udara….hehe…..misalnya Kereta Gantung, atau cukup dengan SYDNEY MONORAIL……bayar tiket-nya AU$10, lumayan untuk keliling kota....sampai balik lagi...kita gak turun-turun...haha....


Bagaimana, tertarik ke SYDNEY ??...Yuk Maree.. semoga jadi Referensi untuk anda yang mau kesana.....jangan Lupa perlu diperhatikan hal-hal khusus yang ada disana.... Baca TIPS dan SERBA-SERBI di Welcome to SYDNEY.
Ok ya...Kapan-kapan Bareng yaa....

Salam,
Hendrawan

Ingin  Lihat lebih lengkap tentang Australia?? Cek disini, Keindahan Sydney...Cek disini... 

Baca juga Wisata lainnya :

AUSTRALIA - SYDNEY

ARAB SAUDI
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#1) - Persiapan dan bawaan Umroh
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#3) - Wisata Religi Mekah–Madinah–Jeddah

KUALA LUMPUR - MALAYSIA

HONGKONG DAN SHENZHEN (CHINA)

CHINA - SHANGHAI

KOREA - SEOUL

SINGAPURA

PENTING!! sebelum ke Luar Negeri BACA :  Tips Perjalanan Ke Luar Negeri

4 komentar :

  1. This is a very good tip particularly to those fresh to the blogosphere.
    Brief but very accurate info… Appreciate your sharing this one.
    A must read article!

    Also visit my web blog ... navy.ca

    BalasHapus
  2. Thx pal..n thx for your visiting....

    BalasHapus
  3. nice gan... Sydney memang tujuan wisata yang mantaappp... wisata malang

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan