Jumat, 27 Desember 2013

Wisata HONGKONG (part 4/7) – Transportasi dan Pembayaran

Pada Bagian ini, saya ceritakan :


:: Kedatangan di Bandara Internasional Hongkong
:: Sistem Pembayaran di Hongkong & Octopus Card
:: Transportasi di Hongkong
:: Makanan HALAL
:: Masjid di Hongkong


:: Bandara Internasional Hongkong
Swire Mariners: Bandara Hongkong

Lama perjalanan dari Jakarta sekitar 5 Jam, berangkat dari Cengkareng - Jakarta, jam 23.30, datang tepat jam 05.30, waktu Hongkong, waktu Hongkong satu jam lebih dulu dibanding Jakarta (WIB), karena pagi hari, suasana bandara tidak terlalu ramai dan seperti informasi di internet, suhu hongkong  di bulan Desember cukup sejuk yaitu 17-21 derajat Celcius, segerrrr…..


Hongkong International Airport , berada di sebuah pulau buatan (lihat aja dipeta Hongkong), dan mewah, makanya termasuk kedalam airport terbaik di dunia. Sampai bandara setelah melalui pengecekan imigrasi, lancar-lancar saja, jalan menuju Bus Station, karena MTR belum ada di pagi hari, dan sebelumnya supaya praktis, tidak lupa beli OCTOPUS CARD dulu di Bandara, nanti saya uraikan alat pembayaran OTOPUS CARD ini.
Bandara Pagi hari

Menuju Tsim Sha Tsui, saya naik Bis No A21 dengan tujuan HUNG HOM, berenti di Terminal Tsim Sha Tsui. Oh iya….Bus disana dibedakan untuk Malam Hari (N atau Night) dan Siang Hari (A atau symbol lain), jadi perjalanan dari bandara menuju hotel, saya antisipasi, sbb :

1.      Kalau Tiba Bandara MALAM HARI:  00 – 05.00:
a.  Menuju Kowloon Nai Bus N21 atau N21A Jurusan Tsim Tsa Tshui, Untuk tempat menunggu bus, dari area Arrival Hall, jalan belok ke kanan, menuju ke arah stasiun Airport Express. Kemudian Anda belok lagi ke kanan dan jalan ke ujung, keluar dari pintu kaca area bandara. Tarif : HK$ 23
2.       Kalau Tiba SIANG HARI : 05.00 – 23.00
a.  Kowloon Destination :
A21 : $33, Sham Sui Po – along Nathan Road to Mong Kok – Yau Ma Tei – Jordan – Tsim Sha Tsui – to Hung Hom

A22 : $39 Tsim Sha Tsui – Hung Hom – Kowloon City – Kwun Tong – to Lam Tin
b.   E21 : $14, Sham Sui Po – Mong Kok – to Tai Kok Sui

Pemberhentian Bus (Halteu)
Catatan juga, Terminal atau pemberhentian Bis disana jangan dibayangkan seperti terminal di kita, disana hanya SIGN kecil saja, ada tanda No BIS yang melewati, karena disana, BIS gak ada yang ngetem/berenti lama seperti di kita, paling 2 Menit, sudah berangkat, sedikit atau banyak penumpang sama saja.


:: Pembayaran di Hongkong

octopus card
Sebelum ke Hongkong saya sudah tukar uang Rupiah ke US Dollar dan sebagian HKG Dollar, US Dollar-nya saya gunakan sebagai cadangan saja, walaupun ternyata, selama kita pegang Kartu Mandiri atau BCA yang ada tanda CIRRUS, VISA atau MASTER, ternyata bisa aja ngambil di ATM Bank yang ada di Hongkong, terutama Bank yang punya perwakilan di Indonesia seperti Standar Chartered, HSBC dll, karena saya buka pake ATM Bank of China yang gak ada perwakilannya, gagal terus xixi…..kaciaan….  atau karena ATM-ku saja kali ya yang macet…hehe..gak tau deh…


Dan, supaya gak ribet, pembayaran transportasi seperti BIS, MTR dll, saya beli OCTOPUS CARD, selain (katanya) lebih hemat, terlebih adalah lebih Simple….masa setiap mau pake MTR tuker COIN terus hehe…

:: MEMBELI OCTOPUS CARD

Dengan kartu ini kita mendapatkan tarif yang lebih murah dari pada membeli sekali jalan (single journey) dari mesin otomatis untuk perjalanan dengan MTR atau BIS, jadi tidak usah menyiapkan uang pas untuk satu kali perjalanan pada saat naik bus.

harga octopus card
Octopus Card ini juga  dapat digunakan untuk membeli minuman ringan yang terdapat pada mesin otomatis (vending Machine) penjual minuman yang ada dimana - mana, berbelanja di 7-eleven, Wellcome superstore, Bahkan dapat juga digunakan untuk membayar HKD 5,-  biaya teropong yang ada di terrace di Victoria Peak.

Belinya? di setiap Station MTR melayani pembelian Octopus Card, datang aja di bagian CUTOMER SERVICE-nya, Pada Jalur keluar Bandara, ada Airport Express MTR, nah…persis didepannya, ada tempat pembelian tiket, dan kita bisa beli disitu, Untuk harga kartu Octopus ini ada 2 yaitu:
a.  Dewasa : HKD 150,- yaitu deposit HKD 50,- dan saldo kartu HKD 100,-
b.  Anak-anak : HKD 70,- yaitu deposit HKD 50,-, dan saldo kartu HKD 20,- total 70 HKD dengan ketentuan dewasa (adult) >=12 th dan anak 3 - 11 th.

Hebatnya Hongkong nih, anak-anak tiketnya setengah harga dari Dewasa, naik apapun, dan otomatis memakai tariff hemat jika pake Octopus Card ini dibanding dengan beli Single Departure dengan membeli COIN terlebih dahulu untuk MTR, atau Cash bila naik BIS, jadi…..tinggal TEMPEL di semacam Reader RFID, otomatis terpotong deh.

Bila perjalanan wisata kita selesai, dan mau mengambil kembali uang deposit OCTPUS CARD,  kita bisa lakukan REFUND kartu Octopus, sejumlah saldo tersisa administrasi refund fee sebesar HKD 9,-, di counter CUSTOMER SERVICE di Station MTR Manapun.


:: Transportasi di Hongkong

Ada beberapa Transportasi Public di Hongkong, yang perlu dikethui yaitu :
1.      BIS
2.      MTR (Mass Transit Railway) atau kalau di negara lain disebut MRT
3.      TREM (bentuk Bis dengan memakai Rel kereta)
4.      TAXI
5.      Kapal FERRY

Nah, karena sebagai wisatawan, kita sering menggunakan BIS dan MTR, untuk itu :
PERTAMA, catet BIS yang akan sering dipakai, malah saya mencetak Jalur BIS yang ada di HONGKONG ini, banyak banget jalurnya tapi mudah dimengerti, dan asyiknya ya, hamper semua Bis disana Double Decker (dua lantai) jadi saya suka naik diatas, duduk paling depan…..Assyiiikk, termasuk TREM juga ada dua lantai……..

Untuk jalur BIS di Hongkong, kalau ingin lihat lengkapnya klik disini

KEDUA, Jalur Hongkong MTR (MT System Map) wajib dicetak, memudahkan kemanapun tujuan kita via MTR, termasuk Metro di Shenzhen juga, Peta Jalurnya saya Cetak, jadi mudah mau kemanapun hanya dengan melihat Peta Trnsportasi ini.
MAP MTR di Hongkong

KETIGA, bagi yang mau main ke China-Shenzhen, Jalur Metro Shenzhen, juga wajib dicetak bagi yang mau main ke China perbatasan ambil disini atau  disini

MAP Metro Shenzhen

Kalau Transportasi TREM dan FERRY lebih mudah dicari di Peta Wisata, karena tidak akan sering menggunakan transportasi ini, bisa dijadwalkan cukup dengan melihat peta wisata (Tourist Map) yang bisa didapat di lokasi-lokasi Counter Wisata di Hongkong.


:: MAKANAN  HALAL

Untuk Makan, sebagai Muslim, tentu perlu hati-hati bukan?, apalagi menuju Negera seperti Hongkong. Tapi ternyata, disana banyak ketemu HALAL FOOD RESTAURANT. Sebagai Contohnya, kenapa saya pilih Chungkin Mansion di hari pertama?, itu karena di lantai dasarnya banyak Restaurant HALAL, tapi ternyata, setelah jalan-jalan disana banyak juga halal Food di lokasi lain….jadi gak usah Khawatir, but…. Untuk muslim sih, saran saya kalau ingin aman selama disana, sementara gak usah beli MCD atau KFC ya…..

Tapi, untuk Makanan disana bukan Cuma Hotel yang Mahal, Tapi Makanan juga Mahal, Nasi Biryani ala Pakistan/India saja, satu porsi 65-70 HKD (sekitar Rp 110 rb-an), Kebab paling murah saja 54 HKD….nah lumayan kan?  Saya pernah makan di Restauran biasa, dua porsi, 175 HKD, atau Rp 275rb-an, so… kalau mau berhemat, bawa aja makan tahan lama, atau baca nanti di kolom artikel TIPS ya.

Contoh Restarant halal,  Al-Maidah Restaurant (Halal), diseberang Mirador Mansion,
Bagi Anda yang mencari makanan halal, ada satu restoran di daerah Tsim Sha Tsui ini, yaitu Maidah Restaurant, di lantai dasar gedung Tsim Sha Shui Mansion. Menyajikan menu seperti Arabic Salad, Roti Paratha, Kebab ayam dan daging, Hummus, Chicken Biryani sampai Chicken Curry. Restoran ini bukan dari pukul 11.00-22.30.

Atau di lokasi Chunking Mansion di lantai dasar, lihat-lihat saja, sekitar satu gang didepan, tengok kanan ….ada sekitar 3 lokasi Halal Food, di lantai dasar Chungking Mansion.

Makanya, kebiasaan saya kalau ke Luar negeri, Kopor hanya diisi Maksimal Setengahnya, sisanya diisi CUP MIE INSTAN seperti Pop Mie, ABC dll, selain bisa berhemat dan adapatasi untuk makanan, pulang dari sana kan tinggal diisi  belanjaan….

:: MASJID di HONGKONG


Masjid Kowloon - Hongkong
Di Hongkong ada Lima Masjid Besar, dan nyaman, salah satunya yang saya kunjungi adalah Kowloon Mosque and Islamic Centre, karena terdekat dengan penginapan, yang ber-Lokasi: 105 Nathan Road, TST (Tsim Sha Tsui), Kowloon. 

Dibuka tahun 1984, menggantikan masjid lama yang dibangun tahun 1896 di tempat yang sama dengan biaya 25 juta dolar HK. Masjid ini berkapasitas 2.000 orang. Tlp. 2724 0095. Fax :  2724 2661.


Masjid lainnya?? 

Jamiah Masjid (Shelley Street Mosque)
Lokasi: 30 Shelley Street, Central, Hong Kong.
Dibangun taghun 1890, direhab tahun 1905. Masjid tertua di HK dan oleh pemerintah HK dimasukkan dalam daftar bangunan bersejarah yang harus dilestarikan. Tlp. 2523 7743.

Masjid Ammar & Osman Ramju Sadick Islamic Centre
Lokasi: 40 Oi Kwan Road, Wanchai, Hong Kong.
Dibuka tahun  1981. Daya tampung 700 jamaah. Tlp.2575 2218 Fax : 2834 5409.

Chai Wan Mosque 
Chai Wan Mosque in Cape Collision, Chai Wan
Phone: 852-2556 5507. Pengelola: Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of HK.

Stanley Mosque 
Stanley, Hong Kong.  Tlp. 2813 7377. Pengelola: Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of HK.*

lebih detail, tentang masjid ini bisa klik disini, karena saya dapat info Masjid di Hongkong ya dari sini...

bersambung.....  Tempat Wisata Hongkong Part 5

Salam,
Hendrawan


Baca juga, Wisata Lainnya....

HONGKONG DAN SHENZHEN (CHINA)


KUALA LUMPUR - MALAYSIA

ARAB SAUDI
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#1) - Persiapan dan bawaan Umroh
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#3) - Wisata Religi Mekah–Madinah–Jeddah

AUSTRALIA - SYDNEY

CHINA - SHANGHAI

KOREA - SEOUL

SINGAPURA

PENTING!! sebelum ke Luar Negeri BACA :  Tips Perjalanan Ke Luar Negeri

2 komentar :

  1. I came to your website for the first time I like your website very much And your website article is very much. I have a IVC – Services – india visa singapore website.
    malaysia visa for indians
    malaysia visa singapore
    apply malaysia visa in singapore
    indian visa singapore
    india visa singapore
    indian visa application singapore
    indian visa agent singapore
    https://ivc-services.com/india-visa-singapore
    https://ivc-services.com/china-visa-application-embassy-singapore/

    BalasHapus
  2. Hey ! I am come in this website first time and it is good website, it provide the useful information.
    Ultimate Odyssey Travel Joint Stock Company is a professional company possessing extensive knowledge, expertise and resources, specializing in the design and implementation of Vietnam Package Tours and Indochina Package Tours.
    Ultimate odessy

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan