Jumat, 27 Desember 2013

Wisata HONGKONG (part 7/7) - Tips Wisata di Hongkong dan Shenzhen

Ada beberapa TIPS yang rasa perlu di-SHARE , utuk diketahui saja :
·                  Mata Uang Hongkong, 1 HKD = Rp 1.550 (saat berangkat ke HK)
·                  Kalau mau ke Macau,  1 MOP (pattaca) = 1 HKD,-
Disarankan :
  • Colokan listrik kaki 3 dan extender, kalau mau charger, lumayan sulit nih kalau tidak bawa
  • Jaket dan sweater, bila musim dingin
  • Gembok koper.
  • Printout TIKET untuk PP
  • Printout Hotel Booking
  • Print Out, Map dan Jadwal/Itenary
  • Bawa paspor kemanapun pergi
HAL YANG PERLU DIKETAHUI LAINNYA:



a.      Bandara Hongkong masuk kedalam Ranking 9  Bandar udara tersibuk di dunia menurut lalu lintas penumpang di wikipedia, nah kalau Kota-nya, khususnya Kowloon, mungkin saja masuk dalam kota tersibuk sekaligus terpadat, kenapa? … Space sangat berharga, makanya pastikan bahwa jumlah orang yang wisata kesana sesuai dengan hotel yang akan dibooking jumlah penghuninya.

b.      Perlu WASPADA…… Waktu Pulang jangan terlalu  MEPET. Bandara Hongkong agak berbelit-belit, untuk CHECK IN + BOARDING, bagi yang memakai penerbangan hemat energy, eh maksudnya hemat ongkos, alias  LOW COST AIRPLANE, karena Boardingnya masuk Terminal N, P dan Q, yang masuknya perlu memutar dan turun dulu…….. makanya perlu diperhatikan waktu penebangan, saran saya tambah SPARE waktu untuk kepulangan, bila menggunakan Pesawat LOW COST (air asia, jet air, tiger air dll), tetapi akan beda kalau kita menggunakan Garuda Indonesia, Lufthansa, Singapore airlines dll….maka terminal yang dipakai adalah terminal A sd K, mudah sekali ditemukan…..

c.      Waktu Hongkong Satu jam lebih dulu dari Jakarta (WIB), so, pastikan sudah diset satu jam pada saat sudah berangkat ke Hongkong.

d.      Perhatikan Jam Operasional Transportasi, misalnya MTR hanya beroperasi mulai jam 06.00 sd jam 01.00, Ferry sd 17.55, Bila naik Bis, ada yang sd 24 jam, tapi  perhatikan Route dan Kode BIS, Karena tidak semua BIS 24 Jam, contoh :

MALAM HARI 00 – 05.00:
Menuju Kowloon Nai Bus N21 atau N 21A Jurusan Tsim Tsa Tshui, Untuk tempat menunggu bus, dari area Arrival Hall, jalan belok ke kanan, menuju ke arah stasiun Airport Express. Kemudian Anda belok lagi ke kanan dan jalan ke ujung, keluar dari pintu kaca area bandara. Tarif : HK$ 23
SIANG HARI 05 - 24.00 :
Kowloon Destination :
A21 : $33, Sham Sui Po – Nathan Road to Mong Kok – Yau Ma Tei – Jordan – Tsim Sha Tsui – to Hung Hom
A22 : $39 Tsim Sha Tsui – Hung Hom – Kowloon City – Kwun Tong – to Lam Tin
E21 : $14, Sham Sui Po – Mong Kok – to Tai Kok Su

e.      Makanan, kalau dimungkinkan bawa ya bawalah, tapi yang keringan, apalagi kalau tinggal disana di apartemen, ya bisa leluasa untuk masak sendiri kan? Karena makanan disana jauh lebih mahal ketimbang di Indonesia. Apalagi bila yang dicari makanan halal, tentu tidak semua restaurant bisa kita datangi bukan? Kalau di Hotel, ya bawalah semacam yang bentuk CUP MIE,  atau Bawa lauk-lauk kering (mis Abon, atau Sosis siap makan dll)
f.       Selalu bawa TOUR MAP, atau peta wisata, banyak tersedia saat keluar bandara, atau Print saja mulai sebelum berangkat untuk jaga-jaga. TERUS, Sampai HOTEL, dimanapun itu, selalu minta KARTU HOTEL, kalau sewaktu-waktu tersesat, tinggal tunjukan Kartu Hotel, yang ditanya (polisi atau satpam misalnya) pasti bisa tunjukan kemana arahnya….
g.      Banyak Surfing di Internet, dan You tube, untuk memastikan seperti apa lokasi yang akan kita datangi itu. Supaya terbiasa dengan Pengucapan Lokasi, Nama Jalan dan lainnya, juga melatih Bacaan dan Pendengaran, baca terus, tambah wawasan dengan surfing Lokasi yang namanya banyak berbahasa CHINA, agak asing dan cape ketika pertama kali membaca lokasi nama jalan di negara berbahasa China/Jepang/Korea…..tapi kalau sudah dibiasakan dulu sebelum berangkat, nanti akan terbiasa juga…. Bila perlu sampai hapal betul nama jalan, Route dll….

Saking hapalnya lokasi-lokasi dan jalannya, seringkali saya seperti sudah lama disana. ‎Negara seperti Hongkong atau China, udah tulisannya kayak lukisan (kaya  Kanji gitu ..), kalaupun ada tulisan lainnya, cara bacanya juga kadang suka salah..... 

h.      Anda penggemar Elektronik atau Gadget??, kalau belanja di Shenzhen, BE CAREFUL Deh….. Selain Banyak PALSU dan memang harus siap seperti itu…, lebih penting lagi, banyak yang tidak berfungsi baik. Teman saya banyak yang beli mmc atau Flashdisk, ternyata……kagak bisa dipake… hehe….

i.       Di Shenzhen, nawar barang gak usah pake SUNGKAN ya?? Hajar Bleh sampai 1/5-nya…..malah ada yang nyaranin sampai 1/8 nya….wowww… tapi itu pernah saya buktikan, memang bener kok….kalau gak berani, siap-siap saja nyesel….  J  bukan Cuma di Shenzen, di Shanghai juga, ..baca deh artikel saya sewaktu di shanghai.

Ada yang mau nambahin??....tambahkan TIPSnya di Komentar ya....

Salam,
Hendrawan


Baca juga, Wisata Lainnya....

HONGKONG DAN SHENZHEN (CHINA)


KUALA LUMPUR - MALAYSIA

ARAB SAUDI
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#1) - Persiapan dan bawaan Umroh
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#3) - Wisata Religi Mekah–Madinah–Jeddah

AUSTRALIA - SYDNEY

CHINA - SHANGHAI

KOREA - SEOUL

SINGAPURA

PENTING!! sebelum ke Luar Negeri BACA :  Tips Perjalanan Ke Luar Negeri



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan