Senin, 16 Februari 2009

SHANGHAI: Wisata Belanja (Part 2/4)

:: Pusat Belanja di YUYUAN GARDEN Renmin

Kami Jalan-jalan secara berpencar di seputaran Yuyuan kawasan perbelanjaan terkenal di Shanghai, utk melihat-lihat sekitar jalan dan kawasan Belanja terkenal disana, banyak yang unik, mulai dari arsitektur bangunan, souvenir,-souvenir dan barang dagangan yang dijajakan di pertokoan.

Saat jalan …ada seorang perempuan menawarkan tentengan Arloji… Mistel Mistel…lolex lolex..Goode Goode katanya , maksudnya dia menawarkan Jam Tangan Rolex…sudah pasti Palsu, klu asli gak mungkin dijajakan di jalanan seperti itu…
Foto : Kawasan Yuyuan Shoping Center




Saya tidak tertarik, dan saya bilang No thanks…. Tapi perempuan ini terus saja ngejar…walaupun saya sudah bilang tidak..akhirnya karena saya diikuti terus, temen saya bilang ...sudah dilihat aja!!….akhirnya saya lihat, Jam tangan yang dibawa penjual tadi, nyaris mirip aslinya…semuanya sepasang, jam tangan untuk laki-laki dan perempuan, dia tunjukkan ….barang2 lainnya di dalam tas…mulai dari merek ROLEX, LOUIS VITTON juga ada…memang bagus…. Dan terakhir tetap saya bilang 'NO Thanx'…, si pedagang bilang Cipu..Cipu Mistel..(maksudnya Cheaper..cheaper..Mister) only 800 RMB katanya…. Kira-kira 1,2 juta-an harganya…

Foto : Kawasan Yuyuan bagian dalam
(Suasana sangat dingin, turun salju, suhu NOL Derajat Celcius)

Dia tetap ngejar terus, padahal sudah kita cuekin, karena merasa risih, akhirnya saya bilang sekenanya aja….. 25 RMB sambil jalan, karena memang tidak bermaksud beli…bayangkan 1,2 jt saya tawar 50rb-an hahaha….NEKAD ABIZZ…. Eh dia teriak Mistell Yu al Clazy…. (Gila katanya..) sambil ngekek, aku biarin aja, sambil aku nawar Syal dan Tutup telinga di toko unruk Penghangat…

Sehabis saya beli Syal dan Tutup telinga..eh dia masih nunggu… Terus dia bilang 600RMB Mistel… saya jawab NO!…..25…Dia bilang oke Mistel …sambil narik tangan saya…..Real Price… 400RMB…
Gila……dari 800 RMB sekarang jadi 400RMB….wah edaan……sambil senyum saya jawab 50 RMB… Dia turun lagi 300 RMB, masih sambil jalan aku bilang 100 RMB,……kembali dia tarik tangan saya….
Fix price Mistel plis…..akhirnya krn kasihan ya udah saya bilang 150RMB,…..eh Tahunya…dia kasih…ya Ampuun…….gilee benerr…. Ternyata apa yg disarankan di Internet waktu surfing sebelum berangkat, benar juga, di Cina harus berani nawar 20% dari harga sebenarnya…. wuahaha….

Akhirnya aku beli Rolex seharga 150 RMB/200 Rb-an Sepasang lagi….
Sejak itu, hmm…..temen2ku yang sudah terlanjur beli mahal merasa rugi…..sejak saat itu semua kelakuan selama disana jadi sama, nawar Edan-edanaann….. 20% dari harga yang ditawarkan…
Souvenir2, seperti gantungan kunci, kaos, topi, jaket, apalagi jam tangan, Tas….memang murah…walaupun di toko besar, semua dibawah harga pasar belanja di Indonesia… mantaap… Borong Abizz Brooo…

:: NANJING STREET
Nanjing kawasan belanja lebih elit dibanding Yuyuan, kualitas lebih baik, tetapi harga agak mahal…tapi…tetap lebih murah ….
turun di PEOPLE SQUARE...deket New World City..

Temen-temen pada ngeborong Tas Koper utk pulang, semuanya merek terkenal…dgn harga 30-50% lebih murah dibanding aslinya…..sabuk kulit, Tas Kulit, souvenir juga….



Foto: Suasana Perbelanjaan di Nanjing

Kawasan NANJING memang diperuntukkan utk Jalan-jalan, tidak ada kendaraan Lewat, disitu kita bisa belanja, duduk-duduk, menikmati music jalanan yang enak utk didengar…malah ada semacam konser kecil2an…. Ada juga pemain biola diatas gedung…wah memang kawasan belanja luar biasa…
Panjang Nanjing Road, Kira-kira 2 Km, semuanya tempat belanja…dibawah jalan Nanjing ada kereta Subway (bawah tanah) yang menghubungkan satu kota ke kota lainnya…

Foto : Nanjing, depan toko mainan Anak Bao Da Xiang (bacanya: Pao Ta Syang)

Semua petunjuk jalan jelas, baik di jalan, tempat belanja, petunjuk dalam kereta dari setiap station…..tiketnya pun murah, dgn system tiket Kartu digital yang dimasukkan di pintu kereta…seperti di Singapura, untuk melewati 3 Kota saja saya cukup bayar 5RMB (kira2 Rp 8rb-an)…enak tenaaan…Keretanya bagus….bersih…wahhh… Indonesia kapan seperti ini ya….??? ngiri Euuy.....



Dan kalau ingin perjalanan jauh, bisa menggunakan Kereta Api Magnet Rel Tunggal, yang disebut MAGLEV…kecepatan nyaris secepat mobil Formula 1 disirkuit…..tanpa goncangan….

Dan uniknya lagi setiap station pemberhentian Subway train, selalu ada Semacam Plaza bawah tanah, yang diperuntukan tempat belanja juga….termasuk dikawasan Nanjing, juga ada semacam toko bawah tanah yang dapat menghubungkan satu jalan ke jalan lainnya….
Di kawasan ini kita bisa sekaligus cuci mata…haha….. cewek2 abg, berpakaian trendy, cewek2 di musim dingin begini jadi seperti melihat komik FINAL FANTASY aja…semua gaya bener2 Manga Abizz….. Pakaian Trendi, jaket bulu, atau jaket tebal.. Rok Pendek, berlapis kaos kaki Stretch…dan Sepatu Boot, Boot Tinggi, atau boot Pendek… hehe....kita juga kenalan sama Gadis Guang Zhou…

Tapi..hati2…disini banyak penipu.. berkedok macam2 lah…bisa pura2 mengaku turis…minta uang Negara asal kita sbg souvenir… pokoknya tetap waspada… ya tetap harus waspada terhadp penipu2 kecil seperti itu.

Berburu Shopping pinggir jalan

Di Cina, kita gak usah khawatir kalau pengen belanja, hampir di setiap jalan…pasti ada Toko…jadi kita bisa menikmati suasana itu sambil jalan kaki, tanpa berkeringat….kalau kesananya di musim dingin..

Tanpa sengaja jalan berputar dari hotel..deket di kawasan XIZANG dan ZHONGUA Road, nemu semacam Pasar Kaget….
Wah disitu dijajakan Handphone merek China…wuih…kaya kacang goreng…banyak sekali… Cuma sayangnya.. kalau di tempat seperti ini kita gak bisa komunikasi….penjual tokonya gak bisa bahasa inggris….jadi daripada salah, mending gak beli aja….


tapi,  oleh2 HP china tetap beli di tempat lain….khusus di Plasa Toko HAPE, semacam BEC kalau di bandung, atau Kawasan ITC Mangga dua di JKT… atau THR Hi-Tech Mall di Surabaya…
dan caranya, saya ajak Penjaga Hotel tempat kita menginap, disaat dia tidak sedang bekerja/Libur….kami jadikan dia Pemandu dadakan, namanya TOMY, baik banget orangnya….

Pokoknya disana kita beli, tawar menawar, bahkan dgn Advice dari dia…..kita akhirnya beli HAPE China Dual Mode (CDMA dan GSM), yang saat itu di Indonessia belum keluar model Dual ini…berbagai merek… Saya ingat merek HTC waktu itu belum popular di Indonesia….disana sudah ada berbagai Macam merek terkenal, merek China, termasuk Merek Pelesetan seperti NOCIA, semua bentuk sama dgn Nokia tapi mereknya NOCIA hahahaha….. lucu yaah…..

:: BLACK MARKET Shopping…

Dulu, katanya, black market (BM) ini sangat menjamur di China…, pelanggaran hak cipta itu biasa disini…..merek terkenal semua ada…. PRADA, LOUIS VITTON, ROLEX, CLOE, GUCCI, dll….tapi semenjak peraturan WTO, China mulai memperketat perdagangan Black Market ini. Tapi apa semua itu hilang??? Ah ternyata tidak….

Saya baca di Internet, BM tetap ada, tapi kita tidak bisa menemukan semudah belanja di kawasan belanja. Akhirnya kita cari info, weeeiii……emang sih…dengan semangat yg tinggi akan menemukan jalannya sendiri….kata Om JACK WELCH juga begitu….xixixi.....

Travel Guide kami, diajak ngobrol tentang ini, dan dia bilang beberapa temennya ada yg bisnis sperti ini…akhirnya gayung bersambut… disaat acara Trip Guidence selesai… kita ajak dia, janjian di hari minggu …ketemu di lobby hotel, tanpa menggunakan bus Jemputan.. kita gunakan TAXI… (cerita taxi lihat pada “pelajaran dari China")

Lanjut, ke Pasar gelap tadi, kita dibawa ke suatu kawasan Apartemen elit, Elit Banget….di sekelilingku menjulang apartemen pencakar langit… kalau aku disuruh kesana lagi dijamin kagak tahu Blasss…..terus dibawa ke salah satu apartemen, kita naik ke lantai 4…kemudian kita ketuk pintu suatu ruangan..kelaur Cewek umur 25-an..hmm….Cantik juga nih cewek….ngomong2 sebentar..masuk deh kita…dipersilahkan, terus dia mempersilahkan masuk ke suatu ruangan….disitu banyak sekali produk bermacam-macam Tas, tapi saya lihat biasa-biasa saja..gak ada yg istimewa, aku pikir,  TANGGULANGIN lebih  bagus, dan banyak kalau kaya begini….temen-temn yang lain sih ngeborong, tapi aku tidak.  

Diam-diam si penjaga tadi memperhatikan saya, karena melihat aku kurang respon, dan berniat mau balik….eh dia tarik tangan saya…

Dia Tanya, kamu gak tertarik degan ini? Saya bilang iya….kamu mau produk apa, saya bilang aja…saya ingin barang bermerek, REAL BRAND…, lalu dia tarik saya ke satu rungan lagi….pintu yang kelihatan tembok biasa itu dibukanya…begitu terbuka....JRENGGGGG……………. ternyata ada ruangan panjang, semuanya merek2 terkenal…buseettt deh…. Ini rupanya yg dimaksud BM…..

Wah bener saja, setiap yg aku sentuh,, semuanya kualitas No satu…tapi ingat, Asli Tapi PALSU….tidak ada lisensi….but.. semuanya gak ada beda dgn asli dan semuanya Kulit ASLI… dan harga yg dia tawarkan sama dgn harga aslinya….. tapi sekali lagi..semua HARGA-nya hanya bohong2an…aslinya tetap bisa ditawar..seperti biasa 20% harga pasar hahahaaa…… harga Tas Prada, LV, Cloe, Gucci dll, Sepatu bermerk atau Jaket Giorgio Armani yang di Sogo harganya 4 Jutaan, disitu dilepas hanya 900rb-an wekkss……………
Kita borong abizzz……buat oleh2 Istri, anak.... dan so pasti buat kita juga….


:: BELANJA di PLAZA BAWAH TANAH


Foto kiri: suasana sudut pertokoan di bawah tanah
diatasnya persis taman kota dan perempatan jalan raya...

Turun dari Kereta Subway, sempat kaget, ternyata di bawah tanah seperti ini ada pertokoan, dan persis seperti lorong pertokoan, yang berujung pada ruang besar, dengan toko-toko seperti di Mall. Sambil melihat-lihat souvenir, lumayan sambil menghangatkan badan kita jalan2 dibawah, menikmati shopping underground hehe...


Selain diatas banyak lagi wisata belanja yang bisa dikunjungi, sayangnya kita nyaris tidak bisa kemana-mana, karena Salju turun sangat tebal, dan suhu berkisar antara -4 sd 0 derajat C, jadi kita hanya menikmati perjalanan kecil disekitar Hotel saja.
Tempat Belanja seperti plaza sekaligus wisata lain, banyak lagi, kita keliling juga seperti ke kawasan HUAHAI PARK dll, pokoknya gak cukup deh klu sebulan keliling di Shanghai kali ya..apalagi cuaca dingin bersalju.....wahhh..gak kuat....
bersambung di judul lain..

Salam,
H-1


Baca juga Wisata lainnya :
Link Wisata Luar Negeri Lainnya : klik disini

PENTING!! sebelum ke Luar Negeri BACA :  Tips Perjalanan Ke Luar Negeri

11 komentar :

  1. Pasti disana banyak yang jual jam tangan anak unik-unik ya gan :D

    BalasHapus
  2. Mas, kemarin menginap di hotel mana? Dan minta info orang indo yang tau soal BM di China dong. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya nginap di Yuyuan Paradise Hotel....klo masih ada kontak aja namanya Tommy, minta antar lokasi BM....

      Hapus
  3. mas minta CP nya donk tomy nya yang jual bm , sm klo boleh minta WA nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ganti HP brkali2... no HPnya gak ada, tp coba aja ke yuyuan Hotel, dan tanya namnya Tomy...

      Hapus
  4. mohon info mas, kl info dr rekan saya yg sblumnya pernh ke lokasi tmpt jual barang BM itu banyak anak muda yang berjaga-jaga di bawah, apa seperti itu lokasinya? dan lokasi ini aman kan? thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu saya kesana yang lokasi di Apartmen, gak banyak anak muda berkerumun.

      Baiknya sih memang bawa yang dikenal, makanya saya bawa kenalan saya di hotel, yang kebetulan dia Security di Hotel tempat saya menginap.

      Hapus
  5. mas beli hp china dimana ya? apa nama tempatnya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak, di shanghai ada Mall khusus HP kaya di BEC bandung, klo mau mudah tanya saja Resepcionis Hotel atau minta TAXI antara ke Mall Center HP.

      Hapus
  6. Aku tanggal 23 April 2018 mau ke shanghai, thks ya infonya.

    BalasHapus
  7. mantap gan tutorialnya udah ane praktekan sukses..
    TokoCOD

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan