Rabu, 20 Mei 2009

Korea : Wisata Kuliner Korea Selatan(part 2/2)*

Aslinya sih kita bleng banget masakan korea, kadang sulit ngebedain yg mana masakan jepang, china, korea...apalagi kalau pake wajan pake api ditengahnya.....maen santap aja...hmm nikmat, didukung udara dingin korea bisa membangkitkan selera makan luar biasa.....sepertinya enak semua deh masakannya..


banyak sekali jenis menu ala korea, ada Bulgogi, Dak Gom Tang, Bibimbap, Bokkumbap, Bindaeddeok, Kimchi, Mul naengmyeon, Ramyeon, Bibim guksu, Naengmyeon, Jajangmyeon, Deodeok gui, Yuk Gae Jang, Baechuseon, Malgeun-gu, Sundubu jjigae. atau klo lihat2 bisa cek disini juga
Tapi krn kebanyak rekan2 kami muslim memang kita pilih2 dan tanya2 juga yang kira-kira bisa dimakan bersama, dan orang sana mengerti tentang ini....




Lokasi dan kuliner yang kami datangi nyaris tidak tahu nama resto dan jalannya, maklum kesulitan membacanya, walaupun pakai si Jack sbg guide kami, tapi melihat makanannya sudah gak sempet lagi nanya2 resto apa gitu hehehe....


paling tidak bisa diceritakan seperti ini lah...


:: Makan di Pesawat
Pesawat yang kami tumpangi, Korean Airline, menyediakan beberapa Menu Indonesia, Korea dan Eropa... so... pada saat perjalanan ke Korea, kami pilih makanan Indonesia, takut perut kaga beres selama di Pesawat kan bisa berabe...


tetapi saat pulang kita pilih menu Korea, krn sudah merasakan nikmatnya ..haha...dgn yakin aku pilih Bibimpap, simple penyajiannya, nasi, ada beberapa sayuran, dan pasta....dan minyak bumbu kali ya...langsung diaduk, plus telor....aneh ya, tapi thats a real... and saya menikmatinya..


:: Makanan Resto di Bandara Internasional INCHEON - Korsel


Sampai di bandara kita makan pagi, langsung masuk restoran di bandara incheon, cukup besar dan tertata rapih tiap restoran, dipilih dgn jenis makanan tersaji....model penyajian pake parasmanan, hmm...disini baru tahu bagaimana sebenarnya Nori (variasi lengkap ...jenis makanan Rumput laut seperti kertas) disajikan... dgn berbagai bentuk...



Aku pikir selama ini, Nori yang disukai anakku, cuma dimakan begitu saja, ternyata bisa juga diramu dgn menu lain.... , misalnya saja yg paling sederhana, kita comot dulu nasi Korea yg lengket itu dgn sumpit, terus tempelkan deh ke Nori yg sudah dipotong kotak-kotak, dan aammm.....nyaam nyam.. dan banyak juga jenis makanan lainnya... serbuuu....!!




:: Makan Malam at Eunsung Restauran - Beef Bulgogi


Hari pertama kita sampai di korea, selepas kita maen di National Folk Museum Korea yang terlewati perjalanan dari Bandara ke Hotel Lotte World, makan malam kita pertama di negeri ginseng ini, masuk ke Eunsung Restaurant, katanya disini masakan yg paling enak adalah Beef Bulgogi.


Gak tahu berada di jalan mana, yang jelas berada di pusat kota, dgn bangunan2 tinggi, dan diantaranya anda restoran ini, sepertinya sih, dipakai utk makan2 para pekerja disana...kalau istirahat makan siang atau malam. Restoran ini turun 2 lantai ke bawah tanah, berada di bawah dgn model penyajian sama seperti di bandara, dgn paraasmanan. Sebenarnya bukan saja Beef Bulgogi yang disajikan tapi juga yg lainnya banyak.. jadi kita coba deh satu-satu....Campuran gak jelas juga...haha...


Kadang campuran makan yg kita lahap, membuat orang sana aneh ya..haha...lucu aja....kombinasi yg kita makan gak jelas pokoknya masing2, punya daya imajinasi sendiri deh.....makanan boleh ala korea, tapi kombinasi ..hmm...tetap ala Indonesia wakakaa....bodo amat lah...


:: Makan malam di Restoran Keokkujang, menu fave beef shabu shabu



Ini klu di Indonesia semacam Depot-nya Korea, cuma depotnya aja ...kaya begini...rapih bersih, semua penyaji masakan sangat hygienis, pake sarung tangan plastik utk pengolahan sayuran, daging, dan penyajian yg cukup cepat...untuk menu sebanyak itu...


bayangkan saja, untuk satu meja saja, sekitar 12 mangkuk berbagai jenis makanan tersaji, plus wajan sop kuah di bagian tengahnya....hmm... saluut saluut..
Beeef shabu-shabu, ini banyak tersedia di resto korea atau jepang di Indonesia semacam Suki gitu lah...




:: Makan siang Sehabis belajar di Samsung co.
Sekitar jarak 4 km dari Area Samsung, krn saking gedenya tuh perusahaan samsung, bayangin aja, perusahan ada kali segede kota Cimahi, mulai kantor per segmen produk elektronik, asrama, apartemen, universitas dll, jadi untuk makan diluar saja perlu waktu lama. Bareng dgn salah satu Mgr samsung, Mr. Lee namanya........... disana kita diantar ke Resto kesukaan atau Favorit Karyawan Samsung, kali favoritnya si Mr. Lee aja tuh ...

gak tahu jenis makanannya, yg jelas tuh mangkok gede banget, dgn menu semacam spaghetti tapi ada kuahnya, dan tdk ketinggalan berbagai macam sayuran...... orang sana memang sangat peduli dgn sayuran, ada toge, Salad putih, dan sayuran lainnya...
jadi badan segar terus...






:: Makan malam dengan Manajemen SAMSUNG.
Tempat yang paling asyik, nuansa baru, dan sangat oriental Korea.....ya disini ini.... Semuanya lesehan dengan Ruangan dibagi perkamar. Wah bener asyik, disinilah mulai merasakan Makanan se-asli-aslinya Korea.....


Inilah Sajian Makanan Paling Rame ...yang pernah kualami.....kalau di Indonesia yang pusing,,,yang nyuci piringnya kalii....wakakaka...


Dengan meja makan panjang, tersaji sekitar 60-an mangkok haha.....abis banyak banget, gonta ganti lagi....begitu abis masuk lagi menu baru... plus... ada "Soji" semacam Arak korea...rasanya sih mirip kaya Brem Bali.... semua sayuran serba mentah, klu mau masak, tinggal dicelupin ke Sop ditengah yang disajikan utk memasak Daging.....


Kok jadi kaya di film korea nih, oke banget deh...temenku yg asli Korea agak mabuk tuh, bayangin aja Soji 16 sloki diteguk sendiri... sampai dia banyak2 memuji team Indonesia kesana kemari....karena dah pusing kali ya...dan salah satu team manajemen samsung tuh ada yg kesemsem sama cewek anggota Team kita dari Indonesia..haha...katanya mirip CEO-nya...wekkkss....gomball....kirain orang kita doang yang suka gitu xixixi.....


:: Ngopi di Korea Selatan - SEOUL.


Pernah ngopi di starbuck gak?? harganya lumayan mahal kan?? sekitar 40-50 rban lah segelas.... jgn heran klu di korea, minum di starbuck itu biasa....
Mesin penyedia Kopi, semacam Coffee vending machine ...atau "Warung kopi"-nya Korea aja harganya paling murah, satu gelas/cup yg 200cc, harnganya 4000 Won, setara dgn Rp. 42-rb...., jadi klu dgn starbuck ya sama saja...


Toiletris set aja, yg isinya cuma shampo, pasta gigi, sabun yg kecil2....itu 60rb...
tapi memang di korea kalau untuk belanja gak asyik...ya tentunya bagi yg berkantong tebal sih kaga apa2 haha....


Tapi saking terbiasanya, ngadepin harga-harga mahal, ..lama-lama biasa tuh.....belanja jadi seenaknya, kaos T-shirt, utk souvenir aja yang 20rb won jadi serasa murah hahaha...... begitu diborong, waakkkss......jeboollll....


:: Makan siang di Shinchon - SEOUL ...


Seperti udah diceritakan di wisata korea sebelumnya, Sinchon ini tempat Fashion, Sekolah dan Perguruan tinggi Wanita.....makanya disekitar situ, toko2 di jalan...nyaris 80% isinya cewek, dengan Model pakaian di toko-toko juga macam-macam....termasuk Salon-salon yang menyediakan permak Muka.... mau dirubah apa saja bisa disini...


Tapi kalau kita-kita sih...gak usah dipermak segala....Pede aja lagee....


klu dilihat dari brosur dan buku-buku yang disediakan, memang banyak sekali pelayanan untuk permak kulit atau operasi plastik disini...hhiiiiii... hidung pengen mancung, mata, pipi dll....


disini operasi plastik sudah seperti jualan di warung saja...
dan katanya memang korea surganya operasi plastik tuh...
baca deh tempat wisata korea sebelumnya


Makanan tersaji adalah bebek mentah, yg langsung dibakar, masakan disini juga tidak lepas dari Kim-chi....hehe...jgn bilang2 deh..ini jadi makan favorite-ku ..haah...abis kok enak ya..ada asam2nya..terus ada rasa ginsengnya.... ditambah satu sloki arak ginseng.. dan kita pernah coba buat langsung pada saat kunjungan ke korean Culture and food.


:: Lunch at Goryo restaurant Ginseng Chicken soup


Nih makanan unik banget, ... Ayam utuh, didalamnya dimasukin nasi (Beras asli korea yg lembek, kaya ketan itu) sampe padat, dicampur ginseng, ubi Ginsengnya itu yg kecil2.....dimasukkan ke Soup...... disediakan juga arak ginseng kalau mau... wewwww...........


agak eneg juga sih ...haha....gak habisss.....
soalnya agak aneh aja, begitu dipotong ayamnya, keluar nasi lengket, nyampur deh sama soup...huuuh.. diaduk malah jadi bubur bayi...huahaha... gak lagi deh..cukuup cukup.... tapi perlu untuk yg berkunjung kesana, tetap harus nyoba, minta aja ayamnya yg kecil...jangan yg gede lho....


::Dinner at Jiaoping Chinese food


Seperti dibilang, kayanya gak ada bedanya deh....mau di Chines resto, jepang resto, selama di korea, ya..semuanya ala korea.... nih restoran ada di lantai 4, dibawah restonya, ada semacam super market, ini restoran yang lokasinya menuju Incheon bandara, krn kita mau pulang......makanya kita sempat beli2 makanan ginseng, Nori, permen korea, dll di supermarket ini....


menu intinya sih... tetap daging, plus sayur2an, gak ketinggalan kaya kimchi, salad, nori dll.....
pemandangannya masih asli, sejuk...tapi banyak bangunan bertingkat yg dihancurkan, tdk ada isinya, jad kelihatan tua......mungkin mau di rombak total kali ...


:: Makanan Hotel LOTTE WORLD


The Best menu pastinya, dengan the best price....kekekek.....Lotte World Hotel, berbintang 5, dan milik Lotte Co. salah satu konglomeratnya Korea...yg katanya di Indonesia dah mau beli Makro Supermarket itu....
bentar lagi tuh nama makro bakal diganti kan??? jadi Lotte-Mart.... persis di Korea..terintegrasi nih hotel antara Mall, Tempat Wisata bermain semacam Dufan, Restoran Pusat bisnis, entertainement dan Hotel...


iseng2 nih lihat tarif sekali makan di hotel, US $ 55, buzzsset dah.....sekali makan gw bisa beli tiket garuda Banjarmasin-jkt.........haha.. tapi nikmati ajaa...... paling tidak kuantitas makan harus setara dgn harganya...wakakaka..mulai dari Susi makanan Jepang, Eropa, kepiting, udang, lobster....everything lah...number 1...


sekian dulu ya....mudah2an bisa menikmati perjalanan anda, dan ingat selalu tips2 perjalanan sebelum kesana...


salam,
Hendrawan




Baca Link berikut juga....


KUALA LUMPUR - MALAYSIA

ARAB SAUDI
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#1) - Persiapan dan bawaan Umroh
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#3) - Wisata Religi Mekah–Madinah–Jeddah

AUSTRALIA - SYDNEY

CHINA - SHANGHAI

KOREA - SEOUL

SINGAPURA

PENTING!!  Tips Perjalanan Ke Luar Negeri
Kenapa perlu Jalan-jalan ke Luar Negeri?? Ini Jawabannya…KLIK DISINI 

13 komentar :

  1. aduh….ane ngiler gan baca postingannya, ane juga suka sama kuliner korea tapi lebih suka lagi sama pemandangan wisata disana seperti pulau Jeju, Nami, Lotte World di kunjungi oleh Sandra Dewi, Jinhae sepagai tempat bunga Cherry Blossom, Yeosu terkenal sebagai kota Yeosu World Expo 2012..pemandangannya keren2 semuanya, klo penasaran cek disini aja ->> Facebook
    KTO(Indonesia)
    atau Twitter @KTOJAKARTA

    BalasHapus
  2. setuju banget trimakasih banyak ya, saya juga suka lihat-lihat info wisata Korea di Korea Tourism Organization Indonesia semoga bisa ke Korea segera... amin heheheh

    BalasHapus
  3. @Andisinaga: hehe...memang keren suasana disana.....thx atas kunjungannya... oke nt saya kunjungi..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Hi there! I just want to give an enormous thumbs up for the nice data you’ve gotten here on this post.
    I will be coming back to your weblog for extra soon.


    Here is my blog :: seoul korean restaurant hampton va menu

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. index:obathammer.id
    index:obatkuatcialis.id
    index:jualmaxman.com
    index:obathammerofthor.id

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan