Minggu, 01 Juni 2014

Taiwan #2/9 - Persiapan ke Taiwan

Wisata dan jalan-jalan di Taiwan, dijamin memuaskan.....


Nikmati Alamnya, nikmati wisata Budayanya, Nikmati Makanannya, Nikmati sarananya.... dan Nikmati semuanya....

Taiwan adalah salahsatu negara maju yang mendukung Majunya Sektor Wisata ini, ....transportasi publik yang aman dan nyaman, biaya yang relatif tidak mahal, kepastian jadwal, keamanan selama wisata, guidance dan artefak-artefak, serta sarana-sarana pendukung wisata lainnya....dukungan warganya yang ramah, penataan infrastruktur yang baik, dan sudah pasti penataan lokasi wisata yang apik...... akan anda temukan disini.....

Tapi Persiapan tetap harus ada, Apa yang perlu disiapkan??
Seperti halnya persiapan ke Luar negeri, secara umum apa yang perlu disiapkan sama saja, dapat dibaca disini Tips Perjalanan ke Luar Negeri.  Jadi hal yang perlu disiapkan menuju Taiwan, saya lengkapi lagi sebagai berikut :




1. Dokumen

Taiwan disebut juga Republic of China (ROC), Untuk datang ke Taiwan, warga negara Indonesia memerlukan VISA. Karena Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan, segala urusan diwakili oleh suatu kantor dagang di Jakarta, namanya Taipei Economic and Trade Office (TETO), jadi jangan Lupa pengurusan VISA.

Persyaratan UMUM untuk pengurusan VISA, untuk Taiwan biasanya sih seperti ini..
- Paspor asli (lama dan baru, masa berlaku diatas 6 bulan)
- Foto berwarna ukuran 4x6, dengan latar belakang putih (2 lembar)
- Surat sponsor / keterangan kerja dari kantor
- Fotocopy bukti keuangan (3 bulan terkahir)
- Fotocopy SIUP (jika pemilik)
- Invitation Letter (bila kedatangan ke Taiwan karena undangan Perusahaan)
- Fotocopy Kartu Keluarga
- Fotocopy Akte Lahir

Untuk pertama kali ke Taiwan, biasanya anda akan diberikan lama VISA sekitar 1 bulan, tapi pengurusan berikutnya, setelah itu saya diberikan waktu sampai satu Tahun. Lama Pengurusan VISA sekitar 3 hari, tapi lebih baik jauh-jauh hari sudah dilakukan pengurusan VISA.

Kemudian Paspor, selain dokumen lain, ini wajib ada dan selalu dibawa2, fungsinya sama dgn KTP, bila diperlukan, beli tas pinggang atau semacamnya yang dimungkinkan dapat selalu dibawa-bawa bila kita sedang ke LN. Diperlukan bukan hanya pemerikasaan pada saat proses masuk dan keluar dari suatu negara, tapi di negara tujuan juga penting, krn semua keperluan kita, paspor menjadi dokumen utama, mis. Pemeriksaan Bandara, mau sewa HP, tukar uang, hotel, dll.

Jadi Ingat!!....
- VISA
- PASPOR


2. TIKET Pesawat

Lebih baik memastikan Transportasi yang akan dipakai kesana, ingat lho ya....memakai Pesawat Low Cost Carrier berbeda dengan memakai Non Low Cost Carrier. Kalau LCC Biasanya ada transit.

Apapun Pesawat yang digunakan, pastikan Waktu Keberangkatan, persiapkan bila perlu maksimal 2 jam sebelumnya sudah ada di Bandara untuk Proses Imigrasi. termasuk jadwal kepulangan, jangan pernah main-main dengan jadwal.....

3. Wawasan dan Kondisi Negera Tujuan

Pengetahuan dan Wawasan serta Hal Umum negara Taiwan, bisa surfing diInternet atau kalau ingin lebih detail tentang negara ini cek  langsung ke situs The World Factbook miliknya situs CIA, pilih negara Taiwan.

Untuk itu tidak ada salahnya, baca semua artikel Wisata TAIWAN di Blog ini (ada 9 Artikel Wisata Taiwan  dan 3 Artikel membangun Bisnis di Taiwan) sampai selesai, nanti anda akan punya gambaran tentang Taiwan.

Untuk lokasi, bila perlu kuasai dan jelajahi dulu Negeri ini melalui Google Maps/Earth, cek Cuaca yang berlaku di Taiwan.

Taiwan memiliki empat musim, tapi subtropis, sehingga pada saat musim dingin, tidak ada salju kecuali di daratan yang tinggi seperti He Huan Mountain (He Huan Shan). Saran saya, kalau mau merasakan salju, jalan-jalannya ke Korea saja. Jadi datang saat winter (bulan Desember – Maret), tidak saya sarankan. Jika Taipei adalah salah satu kota tujuan utama, berkunjung saat benar-benar summer adalah waktu yang tepat.  Meski bulan Juni sudah mulai panas, lebih baik lagi bila dilakukan di bulan Juli – Agustus, karena saat itu adalah saat cuaca cerah dan mudah diprediksi. Taipei terkenal dengan perbedaan cuaca yang tinggi, hari ini bisa 26 derajat, besok bisa drop sampai 13 derajat saat pergantian musim dari winter ke spring.

4. Akomodasi

Selain Persiapakan TIKET, perisapan lainnya adalah, pastikan dimana Alamat HOTEL/TEMPAT TUJUAN, UANG, bila perlu KARTU KREDIT, dan Asuransi Kesehatan Global (berlaku International) kalau ada, asuransi ini berlaku bila mengalami sakit atau kejadian yang memerlukan kegiatan medis, dimana semua biaya bisa dihandle oleh asuransi. Jangan lupa selalu Catat kontak person/tlp. perusahaan/hotel, atau travel di negara tujuan, tlp hotel, polisi, dll, untuk keadaan darurat, walaupun pakai Guide.

5. Lain-Lain....

Lainnya?
Sudah Pasti Uang untuk Biaya Hidup, untuk Bahasa bila perlu belajarlah sedikit-sedikit, cek di Artikel ke 8 tentang serba-serbi dan Artikel 9 tentang mengenal Taiwan dari Photo.

Barang bawaan., Kalau saya sih, bawa koper cukup diisi 1/2-nya saja (pakaian seperlunya dll), sisanya diisi Mie Instan Cup...haha.....karena ternyata temen2 juga akhirnya balik lagi ke Mie instan Cup, kalau sudah bosen dgn makanan sana.... tapi pulangnya biasanya koper jadi FULL, malah bila perlu beli tas lagi buat oleh-oleh atau belanjaan ... uhhuyy...

Bawa Obat-obatan seperlunya.. bagi pelajar atau yang akan berbisnis, saran saya sih ikut Asuransi Global, mengikuti asuransi Intrnational untuk jaga-jaga saja bila perlu ke dokter dan lainnya, bayarnya sekitar dengan biaya US $ 135,- atau sekitar Rp 1,5 jt, berlaku satu tahun, jadi waktu itu, dokumen ini saya bawa terus,  nama produk asuransinya SMARTraveler Certificate.

terakhir,

6. Hati-hatilah

INGAT!!, sebaik apapun di negara orang, tetaplah HATI-HATI selama perjalanan terhadap: copet, maling dan penodong; Lalu lintas terutama pada saat menyeberang jalan. Jalan ditempat gelap/sepi; Jangan tinggalkan barang-barang Anda diluar pengawasan Anda; atau saat Orang asing yang menawarkan sesuatu kepada Anda....waspadalah!!


Bersambung ke :
Wisata TAIWAN 3/9 - Lokasi Wisata part 1

Mau Lokasi Wisata Negara Lainnya??? Klik Disini


Salam,
Hendrawan


KUALA LUMPUR - MALAYSIA

ARAB SAUDI
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#1) - Persiapan dan bawaan Umroh
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#3) - Wisata Religi Mekah–Madinah–Jeddah

AUSTRALIA - SYDNEY

CHINA - SHANGHAI

KOREA - SEOUL

SINGAPURA

PENTING!!  Tips Perjalanan Ke Luar Negeri
Kenapa perlu Jalan-jalan ke Luar Negeri?? Ini Jawabannya…KLIK DISINI 

1 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan