Senin, 25 Oktober 2021

ROLE MODEL AKHLAK Part #2


Kajian Masjid Al Aniah

Rabu, 23 Nop 2021
Oleh : Hendrawan

Menyambung Kajian sebelumnya...
Agama Islam sangat menjunjung tinggi urgensi akhlaqul karimah dalam rotasi kehidupan dunia, implikasinya adalah amar ma’ruf dan nahi munkar.

Dalam Kajian sebelumnya, Bagaimana Kisah Jurnalis Kebanggaan Inggris Yvonne Ridley , dan kisah Aktivis Sosial Sophie Petronin asal Perancis yang berganti nama Mariyam Petronin, masuk Islam??   
Mereka masuk Islam dikarenakan AKHLAK, melihat keseharian, bagaimana mereka para penawan berinteraksi bersosialissai bagai saudara, menghormati yg lebih tua, mengharagai yang lebih muda, bagimana fungsi sebuah keluarga dan sosial terjadi.

Perlu lebih dipahami,
Salah satu tujuan dari penciptaan jin dan manusia adalah hanya untuk menyembah Allah “Wama Kholaqtu- lJinna walInsa Illa liya’budun” dan tujuan diturunkannya Alquran dan Rasulullah adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. “Innama bu’itstu liutammima makarimal Akhlaq” Dan tidak lupa bahwa agama Islam sangat menjunjung tinggi urgensi akhlaqul karimah dalam rotasi kehidupan dunia, implikasinya adalah amar ma’ruf dan nahi munkar.

Jadi kalau benar kita pengikut nabi Muhammad,  maka dahulukan AKHLAK. Karena semakin benar ibadahnya akan mencerminkan akhlak yang mulia.



kita jalan-jalan dulu ke dunia lain...

::Kaisar Perancis NAPOLEON BONAPARTE::

Napoleon adalah pembaca Kelas berat, ...lebih lengkap baca tentang Napoleon disini


Kala invasi Napoleon Bonaparte pada 1798 ke tanah bekas kekuasaan firaun, Mesir.  


Napoleon disebut-sebut mengakui superioritas hukum Islam, bahkan berniat menerapkannya di kekaisarannya di Prancis. Prinsip-prinsip syariah itu sempat dimasukkan ke dalam Civil Code Napoleon atau hukum yang ditulis oleh Napoleon. Code Napoleon ini kemudian menjadi menginspirasi konstitusi Prancis dan konstitusi negara-negara taklukan Napoleon di Eropa.


hubungan Napoleon dengan Islam diungkap juga dalam Bonaparte and Islam atau versi Prancisnya, Bonaparte et Islam, Kaisar Prancis paling masyhur ini,   Dalam buku yang berjudul ‘Bonaparte et I’Islam oleh Cherlifs, Paris, halaman 105


Ketika Dia bertanya, ‘Dimanakah markas kaum Muslimin?” dijawab anak buahnya, “Mesir”, karena tertantang untuk masuk ke Wilayah Kekuasaan Kaum Muslimin ini.... akhirnya Napoleon Bonaparte menjadi penguasa Perancis yang menaklukkan Mesir.


Napoleon masuk ke perpustaakaan, dengan didampingi Penerjemah Bahasa Arab-nya ....Lalu Di perintahkan untuk membacakan sekaligus menterjemahkan satu buku untuknya, dia mengambil Al-Quran, dan membacakannya satu ayat.  Sepulang dari Perpustakaan, malam harinya dia merenung dan melamunkan isi Alquran tsb.


Hari kedua, pagi hari dia kembali ke Perpustakaan, dan minta menterjemahkan kembali beberapa Ayat Alquran, juga pada malam harinya merenungkan kembali. Pada hari ketiga, kembali ke perpustakaan, kembali membacakan ayat-ayat Alquran....


Kemudian bertanya, berkaitan dengan apa Buku itu? dijawab penterjemahnya, itu adalah Al-Quran, pegangan  Kaum dan tuntunan Kaum Muslimin.  Apa yang dikatakan Napoleon?


Kaisar Prancis paling masyhur ini,   Dalam buku yang berjudul ‘Bonaparte et I’Islam oleh Cherlifs, Paris, halaman 105′, Napoleon Bonaparte berkata sebagai berikut: “I hope the time is not far off when I shall be able to unite all the wise and educated men of all the countries and establish a uniform regime based on the prinsiples of the Qur’an wich alone can lead men to happiness.  artinya kira-kira ......“Saya meramalkan bahwa tidak lama lagi akan dapat dipersatukan semua manusia yang berakal dan berpendidikan tinggi untuk memajukan satu kesatuan kekuasaan yang berdasarkan prinsip–prinsip ajaran Islam, karena hanyalah Qur’an itu satu-satunya kebenaran yang mampu memimpin manusia kepada kebahagiaan.”


So, Apa yang sebenarnya dipelajari oleh Napoleon? Banyak Hal.... yang terpenting adalah Napoleon terkesima dengan bagaimana Islam mengajarkan AKHLAK dan mengaturnya di berbagai Bidang, baik kenegaraan, sosial, keluarga dan personal.



::NABI MUHAMMAD::

yuk tsanya, Siapa ROLE MODEL kita?? 
Lalu apakah kita ini disini MEWAKILI Islam yang akan ikut hilang atau yang akan mengabadikannya dengan Akhlakul karimah seperti yang diuraikan diatas tadi? 
tergantung dari seberapa/besar  dekat kita jadikan Rosul sebagai ROLE MODEL Kita.

Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang sangat penyabar, lapang hati, penyayang, pemurah, dan pemaaf. Beliau dikenal sebagai pribadi yang jujur, iffah (memelihara diri dari sifat keji), amanah, zuhud, serta tawadhu. beliau tampakkan itu di hadapan para sahabat, bahkan musuh-musuhnya.
Sesungguhnya engkau benar-benar memiliki akhlak yang mulia. (QS al-Qalam: 4)

Beliau sebaik-baik ayah bagi anak-anaknya. 
Sebaik-baik suami bagi para istrinya. 
Sebaik-baik kakek bagi cucu-cunya. 
Dan sebaik-baik sahabat bagi para sahabatnya
Apa Saja etika mulia yang rosul praktekkan?

1. Selalu mendahului mengucapkan salam 
2. menyodorkan tangannya lebih dahulu untuk bersalaman. Beliau tidak akan melepas tangannya sebelum orang itu melepas.
3. Jika beliau dipanggil, beliau akan menengok dengan seluruh anggota tubuhnya
4. tidak memotong pembicaraan seseorang hingga ia selesai berbicara. Kecuali jika orang itu keterlaluan, 
5. menghormati tamu yang masuk ke rumahnya.
6. meringankan shalatnya untuk segera menemui tamunya.
7. menasihati para sahabatnya dengan bahasa yang santun, lemah lembut, dan penuh kasih sayang. Beliau tidak bercakap-cakap dengan sesuatu yang menyinggung perasaan dan menyakiti hati para sahabatnya. Ditanya jika lama tdk bertemu orangnya
8. Bergaul adalah seninya..

::Penerapan Akhlak Rosul::

Melalui Rasulullah SAW, Allah SWT memperingatkan kita untuk tidak mencela kondisi yang dialami oleh orang lain, sementara kita juga mengalaminya. Seperti halnya kentut, dimana kita sendiri juga berpotensi mengalami hal serupa.

Zaman jahiliyah ketika ada orang kentut ditertawakan. Suatu kali, Rasulullah SAW bersama para sahabatnya menyantap daging unta.

Ketika ada yg kentut, dan bau nya kemana2, semua sahabat tidak senang, dan bertepatan  sholat maghrib, akhirnya menunggu siapa yg akan berwudhu, tp Rosull menyampaikan beliau akan wudhu, krn rosul bersabda: Siapa yang makan daging unta, hendaklah ia berwudhu. (HR Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).    Sahabat tadi terbebas aibnya.
Apakah kita seperti itu ???

Contoh Lain, Rosul sangat Toleran, bahkan Toleransi yg tinggi
memperhatikan anak-anak, orang tua....

Saat rosul sholat, ketika akan membaca Surat Albaqoroh, memulai bacaan alif lam mim...  ketika itu Rosul langsung ruku, ..... saat ditanya para Sahabat, kenapa Bacaan Al Baqorah tidak sdiselesaikan saat sholat tadi ya Rosul?
Rosul menjawab, karena tadi  saya mendengar bayi menanvis di belakang, yang memerlukan perhatian ibu atau orang tuanya untuk diberikan perhatian (menyusui, menenangkan dst)

::PENUTUP::

Jadi siapakah yang dijadikan role model kita saat di keluarga, pekerjaan, bertetangga dst ?
Semoga kita termasuk ke dalam orang yang mengabadikan Islam, secara Tauhid, Ibadah dan Akhalkul karimah sebagai penopangnya dan Rosul Muhammad SAW sebagai ROLE MODEL kita.
Semoga jadi introspeksi dan Hikmah untuk kitas semua...

Wallahualam bissawab

Wasalamualaikum wr wb.,
Hendrawan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan