Rabu, 27 Oktober 2021

ROLE MODEL AKHLAK

Ilustrasi Akhlak

Kajian Masjid Al Aniah

Selasa, 26 Okt 2021
Oleh : Hendrawan

Pernah kami mengundang Prof Dr KH. QURAISH SHIHAB dalam satu kajian, dan saya  mendapat souvenir sebuah buku, judulnya YANG Hilang Dari Kita : AKHLAK,  karena dianggap sebagai salah satu penanya yang beruntung, Penulis Buku ini sekaligus Pembicara sendiri  KH M. Quraish Shihab, menarik ini....

Dalam Pengantar bukunya ada hadits:
Ajaran Islam bermula dari keadaan tidak dikenal dan akan kembali (dimasa datang) tidak dikenal juga sebagaimana keadaannya yang Lalu (HR Muslim)

Kenapa demikian ?
nah, menarik dibahas....   
sebelum lebih lanjut mari kita meneropong apa yang terjadi belahan dunia sana..


::TAWANAN PERANG::

1. Kisah Jurnalis Kebanggaan Inggris 
Yvonne Ridley lahir 23 April 1958 (58 tahun) adalah seorang jurnalis Inggris dan aktivis terkenal Partai Penghormatan karena penangkapannya oleh Taliban dan berpindah agama ke Islam setelah dilepas Taliban, bahkan suaranya lantang menentang Zionisme.

Kenapa dia begitu??  
Kitsa semua terperanjat tentang bagaimana dia banyak belajar saat menjadi tawanan, memperhatikan keluarga Taliban, Anak2, isteri, semuanya teratur dan saling menghormati, dan dia dianggap seperti ibu kakak mereka tanpa ada pemaksaan Agama sedikitpun. 
Namun, dalam hati Ridley saat itu, ia berjanji akan mempelajari Islam jika dibebaskan dan kembali ke Inggris, tepatnya tempat ia menetap di Ibu Kota London. Beberapa hari kemudian ia dibebaskan tanpa cedera atas dasar kemanusiaan atas perintah Mullah Omar, pemimpin spiritual Taliban.

Para penculik menurut Ridley memperlakukan dirinya dengan sopan dan hormat. Sebagai gantinya, ia menetapi janji untuk mulai mempelajari Islam. “Ini seharusnya seperti studi akademis, tetapi ketika saya menjadi lebih asyik dengan setiap halaman, saya menjadi lebih terkesan dengan apa yang saya baca,” kata Ridley.



2. Dibebaskannya Sophie Petronin yang berganti nama Mariyam Petronin, pekerja atau relawan kemanusiaan berusia 75 tahun, serta dua warga negara Italia dan seorang politisi Mali terkemuka, setelah ditahan Kelompok Dukungan untuk Islam dan Muslim (GSIM), yang berafiliasi dengan Alqaeda, Kamis lalu, memicu polemik di publik Prancis. 
  
Sophie Petronin memang disandera di Mali oleh pemberontak Tuareg yang didukung oleh kelompok Islam pada Desember 2016. Ia dibebaskan pada 8 Oktober 2020, bersama mantan pemimpin oposisi Mali Soumaila Cisse dan dua warga Italia, setelah pemerintah Mali melepaskan lebih dari 100 tawanan jihadis.

Klaim ini beredar di tengah pro-kontra terkait pernyataan Macron yang merespons kasus pemenggalan guru Prancis Samuel Paty. Paty dianggap melecehkan Islam karena menunjukkan kartun Nabi Muhammad milik Charlie Hebdo kepada murid-muridnya.

Bahkan Petronin menyampaikan kepada presiden Perancis, Samuel Macron permohonan maafnya, krn dia masuk islam, dan dia ceritakan bgm orang2 yang dianggap Teroris ini memperlakukan dirinya....sangat berbeda ketika Macron memperlakukan Islam.

 “Tidak ada yang pernah melecehkan saya secara verbal atau fisik, dan mereka tidak menghina agama saya, Yesus, atau Perawan Damai seperti yang Anda lakukan terhadap Nabi Muhammad SAW

Nah....
Perubahan yang dialami dua orang tawanan yang dibebaskan diatas adalah contoh, betapa pendekatan AKHLAK menjadi sangat berpengaruh daripada konten permasalahannya itu sendiri.

yuk kita kaji lebih dalam...

::IBADAH dan AKHLAK::

Salah satu tujuan dari penciptaan jin dan manusia adalah hanya untuk menyembah Allah “Wama Kholaqtu- lJinna walInsa Illa liya’budun” dan tujuan diturunkannya Alquran dan Rasulullah adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. “Innama bu’itstu liutammima makarimal Akhlaq” Dan tidak lupa bahwa agama Islam sangat menjunjung tinggi urgensi akhlaqul karimah dalam rotasi kehidupan dunia, implikasinya adalah amar ma’ruf dan nahi munkar.
Jadi semakin baik ibadahnya maka akhlaknya semakin baik.

Kalau begitu, siapa yang bisa dijadikan ROLE MODEL?? 
ya Sesuai Hadisnya, Rosulullah Nabi Muhammad junjungan kita semua.

Lalu apakah kita ini disini perwakilan Islam yang akan ikut menghilangkan atau yang akan mengabadikannya Akhlakul karimah? tergantung dari seberapa/besar  dekat kita jadikan Rosul sebagai ROLE MODEL Kita.

::ROLE MODEL ITU NABI MUHAMMAD::

Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang sangat penyabar, lapang hati, penyayang, pemurah, dan pemaaf. Beliau dikenal sebagai pribadi yang jujur, iffah (memelihara diri dari sifat keji), amanah, zuhud, serta tawadhu. beliau tampakkan itu di hadapan para sahabat, bahkan musuh-musuhnya.
Sesungguhnya engkau benar-benar memiliki akhlak yang mulia. (QS al-Qalam: 4)

Beliau sebaik-baik ayah bagi anak-anaknya. 
Sebaik-baik suami bagi para istrinya. 
Sebaik-baik kakek bagi cucu-cunya. 
Dan sebaik-baik sahabat bagi para sahabatnya
Apa Saja etika mulia yang rosul praktekkan....

1. Selalu mendahului mengucapkan salam 
2. menyodorkan tangannya lebih dahulu untuk bersalaman. Beliau tidak akan melepas tangannya sebelum orang itu melepas.
3. Jika beliau dipanggil, beliau akan menengok dengan seluruh anggota tubuhnya
4. tidak memotong pembicaraan seseorang hingga ia selesai berbicara. Kecuali jika orang itu keterlaluan, 
5. menghormati tamu yang masuk ke rumahnya.
6. meringankan shalatnya untuk segera menemui tamunya.
7. menasihati para sahabatnya dengan bahasa yang santun, lemah lembut, dan penuh kasih sayang. Beliau tidak bercakap-cakap dengan sesuatu yang menyinggung perasaan dan menyakiti hati para sahabatnya. Ditanya jika lama tdk bertemu orangnya
8. Bergaul adalah seninya..

::Contoh Penerapan Akhlak::

Rosul Sendiri, bagaimana mulia ahlaknya ketika beliau memberi makan seorang yahudi buta yang biasanya mencaci maki melempar kotoran, terbaring sakit, dijenguk Rosul, setiap kali disuapi isinya mencaci maki nabi?? 
bahkan Abu Bakar yang menggantikannya Menangis, tidak tahan mendengar omelan si yahudi ini, sampai akhirnya beliau beritahukan orang yang sering menyuapinya dengan lembut itu adalah nabi Muhammad yang kamu cai maki dengan kerasnya,  betapa Sabar dan tingginya akhlak nabi... Sholawat dan Salam utk Junjungan kita Nabi Muhammad SAW,

::SIAPA penerus Role Model?::

Yang paling sempurna iman orang mukmin adalah yang paling baik akhlaknya.
jadi Ibadah itu harus ditopang dengan AKhlak, dan semakin baik Ibadahnya maka semakin baik pula Akhlaknya.
kenapa demikian??

Jangan sampai kita menjadi orang yang rajin shalat, berpuasa, membaca Al-Quran, haji dan umrah, tapi kita kurang berakhlak kepada sesama. Perilaku seperti itu kelak akan membuat kita bangkrut di akhirat, yaitu orang yang datang pada hari kiamat dengan pahala shalat, puasa dan zakat. Namun ia juga datang dengan dosa telah mencela ini, menuduh itu, memakan harta ini, menumpahkan darah itu dan memukul ini.

Semoga kitas termasuk ke dalam orang yang mengabadikan Islam, secara Tauhid, Ibadah dan Akhalkul karimah sebagai penopangnya.

Wasalam,
Hendrawan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan