Rabu, 20 Mei 2009

Tips Perjalanan ke Luar Negeri

Beberapa Tips yang barangkali bisa berguna sebelum berangkat ke Luar Negeri (LN):


1:: Persiapan Dokumen

Paspor, ini wajib ada dan selalu dibawa2, fungsinya sama dgn KTP, bila diperlukan... beli tas pinggang atau semacamnya yang dimungkinkan dapat selalu dibawa-bawa bila kita sedang ke LN. Diperlukan bukan hanya pemerikasaan pada saat proses masuk dan keluar dari suatu negara, tapi di negara tujuan juga penting, krn semua keperluan kita, paspor menjadi dokumen utama, mis. Pemeriksaan Bandara, mau sewa HP, tukar uang, hotel, dll.


Persiapakan TIKET, Alamat dan Rencana HOTEL/TEMPAT TUJUAN, UANG dan KARTU KREDIT, dan Asuransi Kalau ada. Jangan lupa selalu CATAT kontak person/tlp. perusahaan/hotel, atau travel di negara tujuan, tlp hotel, polisi, dll, untuk keadaan darurat, walaupun pakai Guide.


Terakhir VISA,...Visa adalah dokumen yang diterbitkan oleh perwakilan negara tujuan (Kedutaan atau Konsulat) yang menandakan bahwa Anda mendapatkan ijin tinggal untuk beberapa waktu di negara tujuan. VISA ditempel di passport Anda. Tidak semua negara tujuan mewajibkan bayar Visa.

Namun, Beberapa negara diperlukan memastikan/pengurusan VISA sebelum berangkat ke negara tujuan, bahkan ada yang diperlukan pengurusan sampai dengan 30 hari sebelumnya, dan ada juga yang cukup disaat kedatangan (Visa On Arrival - di negara tujuan) seperti negara-negara Asean dan beberapa negara di Asia.  Lebih lengkap tentang pengurusan VISA ini silahkan klik disini.  Ada Biaya untuk pengurusan Visa ini, tapi untuk negara-negara ASEAN diberlakukan GRATIS.

Persyaratan UMUM untuk VISA, biasanya sih seperti ini..

- Paspor asli (lama dan baru, masa berlaku diatas 6 bulan)
- Foto berwarna ukuran 4x6, dengan latar belakang putih (2 lembar)
- Surat sponsor / keterangan kerja dari kantor
- Fotocopy bukti keuangan (3 bulan terkahir)
- Fotocopy SIUP (jika pemilik)
- Invitation Letter (bila kedatangan ke Taiwan karena undangan Perusahaan)
- Fotocopy Kartu Keluarga
- Fotocopy Akte Lahir



2:: Kondisi Formal negara tujuan.
Lebih baik kita mengenal dulu lebih banyak tentang negara yang dituju, seperti Penduduk, mata uang, iklim/suhu dan musim, agama, bila perlu presidennya, perkapita dll, untuk pebisnis, sebagai bahan bisnis, sangat penting menyangkut budaya dll, atau hanya utk sekedar bahan bicara conversation laah..... mengetahui lebih banyak malah lebih bagus kan?.


Biasanya saya suka download karakter suatu negara tujuan, disini di situs The World Factbook miliknya situs CIA, ini info negara paling lengkap dan uptodate, semua karakter suatu negara ada disini, .....recomend laah, Luar biasa, detail.., dulu biasa saya pakai untuk bahan buat buat Jurnal Kuliah Global Managemet semasa kuliah Pasca Sarjana. Bila perlu belajar sedikit2 juga bahasa sana....yang paling umum saja...


Malah sempat, dosen yang ngajar (waktu sekolah di LN) terbengong-bengong, pada saat saya menjelaskan karakteristik budaya, agama, jumlah penduduk, dan lainnya di negara tsb..... krn dia tidak lebih tahu data sedetail itu...haha...asyik tuh ...ASli..!!

3:: kondisi umum negara tujuan.

Surfing sebelum berangkat, target wisata, iklim, makanan, hotel dll melalui situs, misalnya bagaimana musim di saat kita kesana, waktu yang berlaku, mata uang yg dipakai dibanding uang kita, lokasi wisata, transportasi dll. bila perlu kita kenal betul melalui internet, termasuk peta, koordinat dll, walaupun biasanya di tempat kedatangan wisatawan atau hotel menginap biasanya disediakan Peta wisata dll.


Bagi anda yang muslim tentunya tidak bisa sembarangan makan kan? nah ini sangat penting selain juga perlu meminta informasi disana...karena biasanya tiap negara sangat menghargai hal ini..


Sebagai antisipasi, bisa juga anda surfing, bencana yg biasa/sering terjadi di negara tersebut..kali aja....amit-amit seeh....mudah2an kaga ada apa-apa...tapi lebih baik mengenal daripada lalai kan??

Bencana bisa masalah alam, atau Virus yg mewabah, Perang, demonstrasi, dll, kalaupun kita terpaksa harus kesana bisa menjadi tindakan preventif sebagai persiapan.....


4:: Barang bawaan.
Cek barang bawaan, karena setiap negara memiliki peraturan tertentu yang ketat untuk membawa masuk obat – obat terlarang, jenis steroid, senjata api, binatang – binatang dilindungi dan produk – produknya. Seluruh produk dari hewan, seperti susu, keju, juga bahan – bahan makanannya, serta makanan harus melewati kontrol karantina yang ketat. biasanya sih....ada juga aturan Seseorang dapat membawa 250 batang rokok atau 250 gram tembakau, bagi para perokok. Contoh lain, Seperti negara Australia, sangat ketat dengan barang bawaan makanan, dia akan cek detail...dan bisa jadi lama di interograsi gara-gara bawa makanan disini.


Hindari juga bawaan yg mengandung magnet, ...saya pernah mau bawa oleh2 mainan anak2, UFO yg bisa terbang... mengandung magnet, di bandara tidak bisa keluar akhirnya saya tinggal saja......


Pakaian sesuaikan dengan kondisi musim, kalau dingin, ya bawa baju, sweater, kaos dalam, jaket secukupnya.. kalau suhu kurang dari 8 derajat C, lebih baik siapkan sarung tangan hangat, syal, dan tutup telinga (penghangat)....biasanya di negara tujuan ada toko utk ini.


Saran saya sih, Kenakan sepatu bertumit rendah, sepatu Olahraga/Ket untuk kenyamanan Anda berjalan.... Janganlah memakai ataupun membawa perhiasan berharga yang berlebihan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Untuk bawaan, Kalau saya sih, bawa koper cukup diisi 1/2-nya saja (pakaian seperlunya dll), sisanya diisi Mie Instan Cup...haha.....karena ternyata temen2 juga akhirnya balik lagi ke Mie instan Cup, kalau sudah bosen dgn makanan sana.... tapi pulangnya biasanya koper jadi FULL, malah bila perlu beli tas lagi buat oleh-oleh atau belanjaan haha...

5:: Cek Cuaca


Sebelum berangkat, cek cuaca di negara yang akan dituju, bisa dicek melalui http://www.accuweather.com, ketikkan nama kota yang mau dituju, mis. Beijing, setelah itu pilih menu perkiraan kemudian pilih Bulan,  untuk melihat perkiraan cuaca hariannya.

6:: Bawa Obat-obatan seperlunya..


Obat ringan perlu dibawa, bila kita sering terjadi, yang biasa kita pakai.. mis. flu, sakit kepala...

klu mau ke daerah dingin, jangan lupa membawa pelembab bibir untuk menghindari udara kering, semacam Lips Gloss..eh maksudnya pelembab bibir itu lho......yang netral tuh biasanya dari nivea, tapi revlon juga ada siih..., obat panas dalam juga perlu kalii...., krn kebiasaan orang tropic biasanya perut kita kagetan, akhirnya bibir suka pecah2, nanti malah susah sendiri....


7:: Hati-hatilah


INGAT!!, sebaik apapun di negara orang, tetaplah HATI-HATI selama perjalanan terhadap: copet, maling dan penodong; Lalu lintas terutama pada saat menyeberang jalan. Jalan ditempat gelap/sepi; Jangan tinggalkan barang-barang Anda diluar pengawasan Anda; atau saat Orang asing yang menawarkan sesuatu kepada Anda....waspadalah!!


hehe....oke, selamat berwisata atau menikmati suasana Luar Negeri...


Salam,
Hendrawan

Ingin  Lihat lebih lengkap tentang Australia?? Cek disini, Keindahan Sydney...Cek disini... 


KUALA LUMPUR - MALAYSIA

ARAB SAUDI
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#1) - Persiapan dan bawaan Umroh
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#3) - Wisata Religi Mekah–Madinah–Jeddah

AUSTRALIA - SYDNEY

CHINA - SHANGHAI

KOREA - SEOUL

SINGAPURA

Kenapa perlu Jalan-jalan ke Luar Negeri?? Ini Jawabannya…KLIK DISINI 

5 komentar :

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan