Jumat, 29 Maret 2013

Wisata BATU CAVES Kuala Lumpur – Malaysia

Batu Caves dari Jauh - Dewa Murugan

Pada Hari ke-2 di Kuala Lumpur, kami rencanakan ke BATU CAVES. Bagi yang mau kesana juga……mari ikuti petualangannya disini..

Batu Caves, info Wikipedia nih…. adalah bukit kapur, yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua, terletak di distrik Gombak, 13 kilometer (8 mil) utara dari Kuala Lumpur, Malaysia. Nama ini diambil dari Batu Sungai atau, yang mengalir melewati bukit. Batu Caves juga merupakan nama desa terdekat.

KTM Komuter ke BATU CAVES

Pelataran BAtu Caves pertama
Narsis - Sebelum naik Tangga

Gua ini adalah salah satu kuil Hindu diluar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murugan. Ini adalah titik fokus Hindu festival Thaipusam di Malaysia.

:: MENUJU LOKASI

Patung Hanuman - view dari Station
Dari Hotel seperti biasa, Sekitar Jam 7.30 kami Sarapan Pagi dulu…..setelah itu naik ke Monorail dari Station IMBI menuju KL SENTRAL. Sampai di KL SENTRAL, pindah ke KTM Komuter, ambil Jalur/Line KL Sentral – Batu Caves, harga Tiketnya murah Cuma RM 1,-, hanya pulangnya  per orang 2 RM.

Action - Backgroud Dewa Murugan
Menunggu Komuter sekitar 10 Menit, kemudian kita naik Komuter ke BATU CAVES.  Nih ya….. perdebatan Bathin selama naik KOMUTER ini, udah KOMUTER-nya bagus, MURAH….nyaman….Teringat NEGERI SENDIRI, ampuuunnn DEH….Cuma Bisa Istighfar….. pokoknya Pemerintahan Indonesia ini memang kebangetan untuk pelayanan kepada Masyarakat, kalau melihat Negara tetangga…..

Selain itu, Sekali lagi… Malaysia harus unggul dengan kepastian waktu, kebersihan dan kualitas kereta yang keren Abizz Broo….. Sambil menikmati Perjalanan menuju Batu Caves, kami tempuh kurang dari 1 jam ….berkali-kali cuma bisa bergumam …hmmm Astaghfirullah….

Kembali ke Laptop…
Sampailah kita di Batu Caves – yaitu Station Paling ujung, yang berada di Distrik Gombak, berjarak kurang lebih 13 Km sebelah Utara pusat kota Kuala Lumpur.

Gua Pertama - naik 272 tangga
:: BATU CAVES

Tidak ada Tiket masuk disini, alias GRATIS….. begitu masuk disapa Patung Hanoman raksasa, berwarna Hijau…. Dengan pinggiran berderet kuil….semakin dalam masuk…sebelum ke GUA yang harus Naik 272 anak tangga itu, didepannya berdiri patung Dewa MURUGAN berdiri kokoh setinggi 42,7 Meter dan bersepuh emas, katanya nih… cat emasnya didatangkan dari Thailand.

Dewa ini adalah junjungan Suku Tamil di India, menguasai senjata bernama Spear of Wisdom dan berkendaraan burung merak. Di belakang patung Dewa MURUGAN terpampang 272 anak tangga menuju kuil-kuil yang berada di dalam gua kapur.

Menuju Gua ke-2 dibagian Atas

view dari atas

Ritual keagamaan

Ritual

Monyet berkeliaran
Asli nih… salut sama Anak-anak, luar biasa kuat ….lumayan melelahkan untuk naik ke puncak anak tangga, tapi sayang kalau sudah jauh kesini, terus Cuma diam dibawah.  Karena setelah masuk GUA diatas, ada lagi tangga berikutnya, ke Gua berikutnya…….Wah asli nih....Keringat GEDE.

Udara didalam GUA, agak Sesak, dan berbau….maklum karena mungkin lembab dan kelelawar… Sepanjang naik dan memasuki GUA, bangunan kuil yang dipenuhi arca-arca yang merepresentasikan dewa-dewi Hindu, terutama Syiwa dan keluarganya, banyak sekali  dan paling atas, dalam gua….ada juga Prosesi Keagamaan Hindu, dan Dewa Siwa di ujungnya......

Saat menaiki tangga, yang lumayan curam dengan pijakan tangga yang kecil…..juga dipenuhi MONYET-MONYET berkeliaran….ditambah ritual keagamaan dimana banyak orang yang kepalanya kaya dilulur warna kuning, terus pada bagian kepala ada bawaan yang kalau saya lihat seperti dibali…

dalam Komuter
Setelah kenyang menikmati Suasana BATU CAVES, kami turun dan Minum air kelapa di CAFÉ/Restaurant bawah…. Melihat souvenir, dan burung-burung merpati berkeliaran dipelataran, persis di depan Patung DEWA MURUGAN.

Capeee.... finnaly ..Kembali ke KL-Sentral…. ngadem di Komuter, lanjut Shopping ….hadeuuuhh…. boroonggg....

Sekian dulu ya…
Kita tunggu cerita wisata berikutnya.

Salam,
Hendrawan

Baca juga, Wisata Lainnya....

KUALA LUMPUR - MALAYSIA

HONGKONG DAN SHENZHEN (CHINA)