Sabtu, 15 Mei 2010

Sebuah Negara/Daerah, Cermin Kualitas seorang Kepala Negara/Daerah (Part2)

Apa Pelajaran yang bisa diambil Para Pemimpin di negeri ini dari negara lain?...mari kita buka sedikit wacana teori, sebagai wawasan, yang sudah dilakukan para kampiun Globalisasi..."Think Globally act Locally" Jadi Faktor ini bisa saja dilakukan di level daerah....karena memiliki karakteristik sama sebagai suatu negara kecil...

Sebuah negara/daerah didalamnya terdapat Sumberdaya-Sumberdaya, yang pengelolaanya sama dengan mengelola sebuah Organisasi. Indonesia bisa dibilang sebagai negara yg sedang berkembang memiliki permasalahan yang sama dgn negara-negara lain....


::GLOBALISASI
Sebagaimana layaknya sebuah perusahaan atau organisasi, untuk menjadi pemain global, Indonesia harus menjadi Negara World Class Organization (termasuk di tingkat Lokal/Daerah), dengan pilar-pilar kelas dunia (Gbr 1). Prinsip globalisasi adalah adanya pembagian kerja untuk mencapai efisiensi.
Pilar utama yang harus dimiliki untuk bertaraf Global adalah :
- Berbasis pada Keutamaan Pelayanan kepada Warganya (Cutomer based Focus)
- Peningkatan/perbaikan berkesinambungan
- Tidak Kaku (Fleksibel), sebagai bentuk Organisasi Virtual
- Mengembangkan SDM Kreatif (atau sumber daya lainnya)
- Iklim Egaliter (doktrin persamaan derajat..kali ya)
- Dukungan Teknologi (bisa Tek. Informasi, atau Teknologi lainnya)
Saat ini Indonesia dinilai oleh negara lain sebagai negara dengan tenaga kerja melimpah dan upah buruh murah hanya kebagian industri ”keringat”, apakah akan dipertahankan?.



::PILAR WORLD CLASS
Indonesia masih memiliki ciri yang dimiliki sebagai Negara Berkembang seperti tingginya angka pengangguran, besarnya populasi, hutang luar negeri yang tinggi, pertumbuhan yang rendah dan murahnya tenaga kerja skill rendah (Gbr 3).


Gbr. 1. Major Pillars of World-Class Organizations

(International Management , HODGETTS, LUTHANS )

Secara Global, diperlukan Strategi dasar yang dimiliki seorang pemimpin negara/wilayah/daerah, yaitu menentukan target "akan dibawa kemana" organisasi (baca: negara/daerah) ini (Gbr 2) , yaitu menentukan tujuan akhir yang akan dicapai, tentu saja dapat diuraikan dengan tahapan2 aksi, hal ini meliputi perhatian terhadap :



Gbr. 2 Strategizing Around the Globe, Mike W. Peng


::Permasalahan Ekonomi

Perkembangan ekonomi global pasti akan mempengaruhi kondisi ekonomi Nasional/daerah, seperti kata Menteri Keuangan (saat itu) Sri Mulyani "Sebagai negara kecil dan terbuka dalam kancah ekonomi global, yang bisa dilakukan Indonesia adalah memperkuat pondasi ekonomi dan memperbesar fleksibilitas. Ekonominya harus fleksibel," dan Berbagai keputusan harus bisa disesuaikan atau diubah secepatnya ketika memang harus diubah dalam kondisi perekonomian apapun di dunia.


::Inovasi di Era Globalisasi

Diperlukan Inovasi, meliputi Inovasi kebijakan, Inovasi Investasi,Inovasi system, Inovasi Teknologi dll. Bagaimana melakukannya? saya kira sudah banyak sumbangan para ahli di Indonesia ini menyangkut hal ini, dari setiap keahlian di bidangnya.

::Pengaruh Teknologi

Perkembangan Teknologi utamanya dalam perkembangan Informasi dan Komunikasi banyak merubah peta bisnis di arena global termasuk Indonesia, terutama dengan pesatnya perkembangan Teknologi Komputer dan Internet. Termasuk dengan berkembangnya teknologi internet ini, berkembang pula kejahatan dengan modus penggunaan internet


::Politik Luar Negeri Indonesia

Perlu diperhatikan apa yang akan berpengaruh terhadap sektor daerah yg lebih kecil, ini menyangkut perlakuan negara lain terhadap Indonesia. Adalah penting bagi kita untuk mehami secara tepat konstelasi politik global (khususnya dalam kaitan keamanan dan perdamaian internasional) dan nasional-dalam konteks artikulasi nilai dan kepentingan nasional (Dinamika Politik Global, Keamanan Internasional, dan Peran Indonesia, Rizal Sukma, SCIS).

::Etika dan Tanggung Jawab Sosial

Ini menyangkut mental dan moral bangsa, seperti besarnya angka korupsi Indonesia/daerah, Penegak Hukum dan Kepastian hukum bagi investor dan pelaku bisnis di Indonesia.

:: Isu Keamanan

Isyu-isyu keamanan dan perdamaian internasional yang akan dipengaruhi oleh konstelasi politik global dan kekuatan-kekuatan, yang harus juga diperhatikan Indonesia, seperti isu HAM, Terorisme dll.



Gbr. 3 Characteristics of Less Developed Countries
(International Management , HODGETTS, LUTHANS)

:: Benchmark (Study Banding)

Jangan takut untuk melakukan benchmark, dan benchmark tidak harus selalu datang dan menyaksikan, walaupun itu lebih baik bila dimungkinkan...sebagai contoh studi literatur, jurnal-jurnal mengenai bagaiamana pengelolaan suatu daerah/negara maju lebih efektif dalam menentukan hal ini, apalagi dengan pesatnya sarana informasi saat ini, tdk akan membatasi daya improvisasi yang bisa dilakukan...
Semoga sebersit acuan teori ini dapat memberikan inspirasi para pengelola daerah, dalam menyusun perbaikan dan kemaslahatan Daerahnya.


Salam,
Hendrawan
Baca juga :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan