Sabtu, 14 Mei 2011

Lingkar Pengaruh sebagai "VALUE AMBASSADOR"

"Pagi yang indah, dengan niat yg indah......menata raga untuk hidup, pikiran untuk selalu belajar, hati yang mencintai 'n dicintai.... dan semangat memberikan yang terbaik...... Keep Smile!! :)"

Terinspirasi dari pelatihan "The 7 Habits of Highly Effective People"-nya Stephen Covey yang saya ikuti....

Diri kita seharusnya dituntut untuk menjadi Agen Perubahan, baik untuk dirinya sendiri, Keluarga dan tentunya untuk kebaikan Linkungannya......kenapa?


Alur dalam kehidupan ini, bila kita menyadarinya...akan selalu ada 3 Konstanta (hal) yang Pasti, yaitu : Kita akan selalu memngalami yang namanya “Perubahan(Change)” bagaimana perubahan itu dilalui dan dihadapi, tergantung dari apa yang kita percayai dan pedomani sebagai “Prinsip Dasar (Principle)”.....dan dengan pedoman yang anda yakini itu, akan selalu ada tantangan dan Respon terhadap kita, hingga kita akan menjatuhkan/memutuskan suatu “Pilihan (Choice)”...

Jadi dalam Hidup ada tiga konstanta...... CHANGE, PRINCIPLE dan CHOICE.

dari ketiga Kontanta itulah....akan Membentuk “Nilai-Nilai yang anda yakini sebagai (Value)” yang diterjemahkan menjadi “Perilaku (Behaviour)” kita,  untuk berikutnya... anda akan menjadi cara anda berperilaku.....

Pohon yang Tinggi dan Kuat adalah tergantung dari AKAR yang Kuat, yang menjalar dan mencengkeram kedalam Bumi....karena itulah KEKUATAN, menjadi dasar dari Tinggi dan Kuatnya POHON itu dapat berdiri...

Kata Stephen Covey....

Terpenting adalah Bagaimana kita dapat menanamkan NILAI (VALUE) dan PERILAKU (BEHAVIOUR) yang POSITIF pada diri kita dan ditularkan kepada orang lain......untuk dijadikan BEKAL dalam memilih Keputusannya KELAK....dalam Kehidupan ini....

Nilai-nilai (VALUE) yang dimaksud misalnya Kejujuran, Kepedulian, Transparansi, Kerjasama, Disiplin, Peduli, Tanggung jawab dll, yang merupakan nilai-nilai hakiki yang universal.

Bila setiap orang memegang teguh nilai-nilai ini...pasti tidak ada yang Namanya Pemerintahan yang tidak memikirkan rakyatnya, Peperangan, Perseteruan-perseteruan antar komunitas, Rasa Egois berlebihan...saling tuduh...Pembajakan atau Plagiat (pelanggaran hak Intelegen/hak cipta) karena dengan nilai kejujuran misalnya, akan merasa malu bila mengambil hak orang lain kemudian diakui sebagai karya sendiri, ....tentu tidak akan ada Korupsi, tentu tidak akan ada hal yang merugikan orang lain..........karena Nilai-nilai yang melekat itu akan menjadi pedoman....dengan membisikkan Suara Hati-nya....

Itulah misi terpenting seorang CHANGE AGENT (Agen Perubahan) atau sebagai VALUE AMBASSADOR (Duta Penular Nilai-Nilai Positif) untuk menularkan pengaruhnya.

Sebagai Value Ambassador, diperlukan 4 Dimensi Motivasi, yaitu :

4 Dimensi Motivasi
- BODY (Fisik) : Kebutuhan untuk Hidup

- MIND (Pikiran) : Kebutuhan untuk terus Belajar/menjadi lebih baik

- HEART (Hati) untuk selalu Mencintai dan dicintai, serta

- SOUL (Jiwa), yang menjadi SPIRIT atau Semangat memberikan yang tebaik (mewariskan) untuk Generasi Berikutnya.

Dalam bahasa yang mudah, dapat diterjemahkan menjadi RAGA, RASIO, RASA dan RUH....lebih mudah kan?

Ke-empat dimensi diatas dapat digambarkan seperti pada Gambar dikanan atas ini. (Gbr. 4 Dimensi Motivasi)

Bagaimana CHANGE AGENT atau VALUE AMBASSADOR itu bekerja?
Untuk memudahkah mari kita lihat Alur disebelah dibawah ini... (Gbr. Alur Value Ambassador).


Alur Value Ambassador
diperlukan SYARAT sebagai Value Ambassador, yaitu selain Pengalaman, diperlukan :

- Karakter (Nilai-Nilai diatas)

- Kompetensi

- Komunikasi

dan sebelum untuk orang lain, HARUS dimulai dari DIRI SENDIRI.

TUJUAN yang ingin dicapai adalah HARUS dengan misi Membantu/membantu orang lain mejadi lebih baik, lebih percaya diri dan memberikan manfaat.

JANGAN DILAKUKAN, sebagai Value Ambassador seperti, MELABEL apalagi Menghukum orang lain. Mis. "Saya rasa, anda tidak cukup pengetahuan untuk memahami ini" atau "Walaupun anda Tidak Tahu tentang ini......" atau hal lain yang men-judge seseorang dengan konotasi Negatif.

Gunakan INTERAKSI dengan Metoda SANDWICH (ada Pembuka, Inti, dan Penutup), selalu dalam Komunikasi ada komponen :

Pembuka, Sampaikan Potensi, Kekuatan atau perilaku KUNCI yang sudah baik yang dimiliki lawan bicara untuk membuat mereka dapat lebih percaya diri.

Inti, sampaikan Harapan yang perlu dicapai, dan tindakan yang diperlukan agar Hal yang kurang itu menjadi lebih baik lagi, dengan WIN-WIN, Memberikan Contoh, dan EMPATY.

Penutup, Berikan Selalu Motivasi..untuk mendorong Potensi dari orang lain.

Selanjutnya FEEDBACK, sebagai bentuk introspeksi, dengan tetap memperhatikan Pola-pola posisitf diatas.

Pola yang dijarkan Covey diatas, dapat saja diterjemahkan kedalam Prinsip EQ (Emotional Quotient), IQ (Intelegent Quotient), PQ (Physical Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) seperti gambar di kanan ini.
Dan dengan dilengkapi Spiritual Quotient ini, seseorang akan semakin lengkap memenuhi Segala Kecerdasan yang didasarinya, karena segala Pikiran, Tindakan, dan Perbuatan  akan selalu didasarkan sebagai pertanggungjawaban terhadap sesama dan kepada Tuhan Sang Maha Pencipta. 
Tentu yang harus diingat,....  segala sesuatu atau perilaku kita tergantung dari apa Misi kita....atau Niat, atau istilah kerennya "Contribution Statement"
hehe...

Contoh saja...... Penyesalan seorang "Albert Einstein" bukan karena dia menemukan Teori Atom, tetapi yang dia takutkan adalah Penggunaan ilmu ini bukan untuk kemaslahatan manusia, tetapi justru menimbulkan kerusakan bagi Manusia.... " Itulah kenapa ketika Nagasaki dan Horoshima dihajar Bom.....dia Meneteskan Air Matanya......Sedih....  

DAN...
Bila anda seorang Muslim, sudah seharusnya kita dapat menggunakan segala Akal dan Pikiran kita untuk Kebaikan, sebagai tanda syukur kita atas nikmat yang diberikan...karena masih sedikit yang dapat mempraktekkannya......seperti dalam ayat berikut :

Kemudian Dia (Allah) menyempurnakan dan meniupkan kedalam tubuhnya RohNya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; tetapi kamu sedikit bersyukur. Al Qur’an 32 As-Sajdah : 9


Demikian sekedar wawasan untuk kita...bukan untuk menggurui, tapi sekedar berbagi saja....siapa tahu bermanfaat....dan anda segera menularkan hal baik yang sudah anda miliki kepada lingkungan sekitar anda..... agar Seluruh Dunia menjadi terwarnai....menjadi BAIK.....



NOTE:
Nah, Sahabatku semua....jadilah selalu Penular Nilai-nilai Kehidupan atau disebut juga VALUE AMBASSADOR, When The Heart Rules the Mind,... yang pastinya akan memiliki nilai positif bagi lingkungan yang akan kembali ke diri anda, keluarga anda, dan tentu saja lingkungan...

Ingin memiliki bukunya? silahkan KLIK Disini .
Ingin baca sinopsisnya? silahkan Klik DISINI.


Rasakan perubahan ini dalam keseharian, dalam keluarga dan pekerjaan, setelah anda selesai membaca buku ini,  …… buku ini TIDAK akan membuat anda menjadi lebih Kompeten, lebih berkarakter atau lebih Komunikasi, tetapi secara perlahan dan bertahap akan membuat anda berbeda, mengerti akan kemampuan dan potensi diri, lingkungan, melebur menjadi seseorang yang bernilai, menjadi diri sendiri dengan jati dirinya, dan masuk dalam Lingkar Pengaruh sebagai Value Ambassador, karena semua ini menuju suatu pola dan anda akan merasakan pengalaman dari orang lain,  InshaAllah.


Salam,
Hendrawan




2 komentar :

  1. Aslmkm... salam kenal kang... trima kasi inspiasi nya :)

    izin copas ;D

    BalasHapus
  2. Sipp...silahkan...titip linking Sourcenya ya

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan