Rabu, 18 Juli 2012

SAHABAT dan ANGKARA MURKA…..


“Selemah-lemah manusia ialah orang yg tak mau mencari sahabat dan orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yg telah mensia-siakannya” – (Sayyidina Ali)

Kadangkala… Sahabat menjadi tempat CURHAT yang paling efektif, bahkan kepada sahabat, berani lebih terbuka dan blak-blakan daripada Saudara sendiri bahkan Orang tua sekalipun…. dan karenanya, nasihat dari seorang sahabat merasa lebih dapat diterima dari yang lainnya….. 

Terpenting adalah bagaimana seorang sahabat sebenarnya berperan aktif dalam mengarahkan kita….seperti kata pepatah…. Sahabat yang baik adalah yang berani berkata benar, bukan yang hanya membenarkan Kata-kata….


Itulah seringkali juga sahabat kita musuhi, karena ketidak sepahaman….dan itu menjadi biasa, tetapi di lain waktu akan kembali akrab, karena kecocokannya atau sudah menjadi “Soulmate”

Makanya, kepada Anak sendiri…. perlu juga kita tahu sahabat atau teman-temannya, bila perlu ajak main ke Rumah…..untuk sekedar bermain dan makan bersama… 

Kisah bagus dari negeri China, GENGHIS KHAN penguasa dunia asal Mongolia…. yang dalam sejarahnya diceritakan,  dia pernah membunuh 1,7 juta orang hanya dalam satu jam… track record ini belum ada yang sanggup menyamainya…. bahkan Hitler Sekalipun…... Walaupun tidak dalam kewenangan dia sepenuhnya…. 

Siapa yang berani melawan, akan dia habisi…. dan….  diapun penyuka beragam Wanita…  yaa....dialah si "Penakluk Dunia"

Dilain pihak, dia pemimpin yang baik kepada rakyat jelata…disaat para penguasanya di hukum mati, ..dia pengampun, …. Dan dibalik itu semua…ada sisi menarik tentang Dia….

:: GENGHIS KHAN dan SI RAJAWALI

Kegemaran lain Genghis Khan adalah berburu….Selain berperang tentunya....

Suatu hari, sepulang berburu dari Hutan… di hari yang kering….. Genghis Khan memacu kudanya untuk kembali ke Perkemahan, diiringi Burung sahabatnya yang setia sekaligus kesayangannya, terbang  berputar-putar diatas, mengiringi perjalanannya……… Burung Rajawali ini adalah andalannya, karena dialah yang sanggup memata-matai adanya musuh atau bukan dari jauh….

Diperjalanan, dia melihat sumber mata air, …walaupun hanya tetesan air ….. KHAN segera turun dari kudanya, dan mengambil Gelas peraknya untuk menampung tetesan air tadi….dan…. Ketika mau meminumnya, tiba-tiba Rajawali kesayangannya menyambar Gelas peraknya hingga terjatuh….

Genghis Khan marah, akhirnya dia mengulang kembali menampung air, jelas lama, karena menunggu kembali air yang hanya menetes itu …. Setelah penuh, ….kembali Genghis Khan mau meminumnya, dan seketika itu pula….Si Rajawali kembali menyambar gelas perak tadi hingga terjatuh lagi… Genghis Khan Kembali marah ………..

Dan ketika mau mengisi kembali gelas, tetesan airnya sudah habis…..Kemarahan Genghis Khan semakin menjadi….. dengan berpura-pura air di gelas sudah penuh… Khan mau meminumnya….dan saat Rajawali itu menyambar, Khan menangkapnya……. Sambil mencabut pedang dari sarungnya, seketika itu juga Genghis Khan MEMBUNUH si RAJAWALI sahabatnya ini…..CRASHHHHH….darah mengucur dari leher rajawali tadi…… sambil teriak…”Rasakan burung kurang ajar dan tak tahu hormat“

Karena tetesan air itu berhenti, Khan penasaran dan naik ke atas bebatuan untuk mencari sumber air itu. Alangkah kagetnya ketika menemukan bangkai ular berbisa di tengah genangan air itu—salah satu jenis ular paling berbisa. Ia bisa saja MATI terkena bisa ular yang bercampur dengan air.

Sejak itu,  Khan lalu memerintahkan anak buahnya untuk membuat patung emas burung itu….
Di salah satu sayapnya dituliskan kalimat ini:
Saat seorang sahabat melakukan hal yang tidak berkenan di hatimu sekalipun, 
dia tetaplah sahabatmu.
Di sayap yang satu lagi, dituliskan:
Tindakan apa pun yang dilakukan dalam angkara murka 
hanya akan membuahkan kegagalan.


:: SAHABAT ADALAH SESUATU

Banyak ungkapan tentang sahabat…saking banyaknya… tak cukup saya menampung dalam blog ini…. tapi beberapa saya cuplik

"Manusia selalu hidup berkelompok, Tiada manusia yang dapat hidup dalam kesendirian. apabila ada, maka manusia tersebut benar-benar makhluk yang malang dan hidupnya tentu tidak berwarna" 

"Persahabatan bukan tentang berapa banyak kita peduli saat bersama-sama, tapi berapa banyak kita peduli ketika berpisah"

"Jika anda bersahabat, maka bersiaplah untuk berkorban..."

"Semua orang mendengar apa yang kamu katakan. Teman mendengarkan apa yang kamu katakan. Sahabat terbaik mendengarkan apa yang  kamu tidak katakan"

"Sahabat yg sejati tidak akan menghalangi sahabatnya yg sedang berjuang menjadi lebih baik"

"Persahabatan tidak hanya untuk kadang-kadang,  mereka untuk setiap saat!"

Intinya: Sahabat adalah SESUATU…..

Itulah kenapa saya kutip Seperti kata Sayyidina Ali pada permulaan artikel diatas ini…..
“Selemah-lemah manusia ialah orang yg tak mau mencari sahabat dan orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yg mensia-siakannya”

Semoga Anda dan Kita semua bukan termasuk kategori orang yang lemah……

Nah kawan, itulah peran sahabat….
lalu bagaimana kalau sahabat dan Cinta berjalan bersama??... 

"Ketika kau ada menemaniku, aku kehilangan sebuah diriku"….hadeuuh…uhhhuuyyy…

dan…..Untuk Anda sahabatku…: 

Sebuah desain terbaik..ketika tergelincirnya akhir bulan Sa'ban...dimana kita masih diberikan NIKMAT datangnya bulan RAMADHAN….Saya dan Keluarga Mohon maaf yang sebesar-besarnya, tak ada gading yang tak retak, dan dengan keretakannya justru menunjukkan keasliannya….Semoga anda semua mau tetap menjadi sahabat….dan akan tetap sebagai sahabat samapai kapanpun… Semoga Bulan Ramadhan kali ini menjadi Bulan terbaik dari bulan-bulan sebelumnya....Aamiin YRA.


Salam persahabatan…ennnn……CEKIDOT!!
Hendrawan


NOTE:
Sahabatku semua....jadilah selalu Penular Nilai-nilai Kehidupan atau disebut juga VALUE AMBASSADOR, When The Heart Rules the Mind,... yang pastinya akan memiliki nilai positif bagi lingkungan yang akan kembali ke diri anda, keluarga anda, dan tentu saja lingkungan...

Ingin memiliki bukunya? silahkan KLIK Disini .
Ingin baca sinopsisnya? silahkan Klik DISINI.

Rasakan perubahan ini dalam keseharian, dalam keluarga dan pekerjaan, setelah anda selesai membaca buku ini,  …… buku ini TIDAK akan membuat anda menjadi lebih Kompeten, lebih berkarakter atau lebih Komunikasi, tetapi secara perlahan dan bertahap akan membuat anda berbeda, mengerti akan kemampuan dan potensi diri, lingkungan, melebur menjadi seseorang yang bernilai, menjadi diri sendiri dengan jati dirinya, dan masuk dalam Lingkar Pengaruh sebagai Value Ambassador, karena semua ini menuju suatu pola dan anda akan merasakan pengalaman dari orang lain,  InshaAllah.

6 komentar :

  1. bagus banget... sahabat adalah sesuatu...

    BalasHapus
  2. aiihh Blog Barokah...Terimakasih kunjungannya... :)

    BalasHapus
  3. artikel yg sangat bermanfaat.. Dlm persahabatan itu sndri,jujur aku adalah yg paling sering menjadi pendengar yg baik...yg perlu dperhatikan dsini adalah ktika kita sbg pemegang rhasia ataupun aib sahabat,kita hrus benar2 menjaganya..dan pd saat ngbrol berdua dgn DIA,biasa ia akan meminta saran serta pendpt kpada kita..inilah sbenarnya yg menjdi ksulitan ku sendiri,krna utk mengarahkan dri sndri utk lebih baik saja, ku anggap msih kurang dan perlu bnyk belajar..Maka dri itu apabila dia mengatakan "menurut kamu gimana?"
    tak jarang aku tanya balik ke dia..

    Saya mau tanya sama mas Hendra, bgaimana sih sikap kita apbila ada sahabat kita yg sbenarnya lbih brpendidikan,brwawasan cukup luas drpada kita,namun dia masih minta kejelasan akan sesuatu hal kpd kita??

    Trims sblumnya. .
    "sahabat adalah yg paling nyman utk mengungkapkan sesuatu hal"

    Salam Persahabatan Selalu

    BalasHapus
  4. Waduh sama dong, sy tdk lebih baik juga ...anyway, berpendidikan, berwawasan bukan berarti dapat mensolusikan semua masalah kan?.. itulah barangkali kenapa dia minta saran Mas Arsyad sebagai sahabatnya..

    Baiknya Mas, tetap berikan Saran, utnuk menunjukkan bahwa Mas punya prinsip/pendirian/semacam pandangan....namun tetap dalam koridor berfikir/prasangka Positif, memberikan solusi terbaik, dan pertimbangkan kebaikan bersama.... hehe begitu, maaf klo belum memuaskan.. :) salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kutipannya bagus sekali pak,,,
      Sahabat tetep yang terbaik,walau ada lagi yg lebih baik dr sahabat yaitu" orang yg mendampingi kita saat ni" :) ..ada Perasaan yang bisa di Ucapkan dan ada juga sesuatu yg gak perlu di utarakan...Sahabat yg bijak adalah Sahabat yg Berani Memilih/membantu Jalan yg Terbaik untuk Sahabatnya sendiri....thanks pak atas artikelnya...mengingatkan saya pada seseorang ..terus berkarya ya pak......@(9)

      Hapus
  5. Terima Mbak/Mas Anonim.....tetap jalin persahabatan.... :) salam,

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan