Kamis, 10 November 2011

Kumbang Kapas dan Soraya Haque…….Keberkahan dari Musibah

Monumen Kumbang Kapas
Seringkali kegamangan … Sedih, galau, keinginan memberontak, tidak terima, protes, gelisah bahkan Marah……… menjadi bagian dari kita…sebagai bentuk pergolakan Jiwa…

Dalam ilmu komunikasi, keadaan ini disebabkan sebagai bentuk Keadaan, dimana Harapan/Keinginan (Ekspektasi) kita tidak sesuai dengan kenyataan (Realitas), sehingga timbul ketidak puasan dan pergolakan ………

Lalu kenapa judulnya, Kumbang Kapas dan Soraya Haque?



Pagi hari itu …..Buka satu Channel TV Swasta dengan muatan Lokal….acara pagi dengan pembicara H. Budi Prayitno (mudah2an gak  salah)….judulnya Kumbang Kapas dan Soraya Haque…
Tertarik dengan judulnya…..berhenti mengalihkan ke acara TV lain untuk (sementara) menyimak…

MENARIK!!!... untuk itulah saya bagi untuk anda dalam artikel ini…. Walaupun dengan Thema yang saya bawa jadi berbeda tetapi inspirasi artikel ini berawal dari acara ini…...

Dari keadaan SULIT yang kita hadapi….pengaduan dan Doa sudah pasti merupakan solusi, sebagai pelampiasan sekaligus pengaduan……….

Keadaan SULIT, bisa jadi kita anggap sebagai MUSIBAH…..kadangkala kita sulit menerimanya…tentu saja setiap orang mengalami ini…termasuk saya… dengan sedikit OPTIMIS, kita akan menganggapnya UJIAN….  Tapi kenapa harus jatuh pada kita?? ……sepadankah?  Atau Layakkah?.... 

Ceritanya dulu ya…

:: SORAYA HAQUE dan AYAHNYA

Dalam Acara itu, diceritakan…..Soraya banyak mengalami pergolakan jiwa dalam kehidupannya, …..kisah perjalanan kejiwaannya,.

Pergolakannya kira-kira seperti digambarkan diawal artikel ini, dimana sepenggal kisah dari Soraya ini…… menurut saya merupakan Titik Balik (Turn around) dalam kehidupannya…..yang dimulai dari sepeninggal ayahnya…..

Ketika Ayahnya masuk RS karena sakit…., Soraya yang menyayangi ayahnya itu….hampir setiap perintah atau keinginan ayahnya tercinta dituruti….., paling tidak diusahakan untuk dipenuhi…

pada satu saat, Ayahnya dari Rumah Sakit, menghubungi Soraya,  Ayahnya meminta dibelikan Ketupat…… Soraya menjawab, iya……tapi tidakk sekarang, tapi nanti soraya belikan….ujarnya….
yang saat itu, tidak bisa langsung menemui ayahnya untuk memenuhi keinginannya…

Soraya, tidak akan menyangka, bahwa…suara ayahnya di Telepon tadi …adalah suara ayahnya yang terakhir, karena ..ketika mau ke RS, dengan membawa pesanannya……ayahnya sudah Tiada….

Dalam bukunya….digambarkan….
“Sedih, galau, tidak terima, bahkan protes. Perasaan inilah yang dirasakan Soraya Haque, saat mendengar ayahnya meninggal. “Tuhan, mengapa ini terjadi? Ini tak adil," protes Soraya.

Momen ini menjadi puncak kegelisahan Soraya atas hidup dan kehidupan. Pertanyaan-pertanyaan pun meluas bukan semata atas peristiwa kematian, tapi atas segala apa yang dirasakan, dilihat, dan dialaminya. Dan, setelah sekian lama mengupayakan beragam cara, menempuh bermacam jalan, ternyata jawaban atas semua pertanyaannya didapatkan dari berdialog dengan Al-Qur'an. Kebiasaan yang sejak dulu telah dijalaninya.”

Anda bisa baca bukunya, atau…untuk membacanya…saya siapkan linknya…….bisa baca di sini : Judul bukunya Soraya clues: jejak-jejak perjalanan jiwa

Dari situlah Perjalanan Jiwanya mengembara dan terus berdialog (memperdalam) dengan Al Quran…dan semakin dalam…semakin menemukan jawaban atas beragam pertanyaan yang menggelisahkan jiwanya.

:: KUMBANG KAPAS di ALABAMA

Konon, di Desa Enterprise, ALABAMA, Thn 1915,….Para Petani Kapas sangat mengharapkan Panen Kapasnya semakin meningkat…..karena penghasilan andalannya adalah dari Kapas…..

Suatu ketika….perdagangan antar Negara/kota….tanpa sengaja masuk Kumbang Kapas ke Alabama…..dan kumbang itu berkembang pesat……..Menjadi HAMA PERUSAK, sampai menghancurkan seluruh Panen Kapas yang seharusnya menjadi DEVISA …..itulah PUNCAK kehancuran Alabama yang merontokkan semua tanaman Kapas….  Para Petani Putus Asa? JELAS!!...
Tapi tidak hanya diam serta merta….

Ketika kehancuran itu terjadi, Seluruh Petani beralih  secara besar-besaran……menanam Sayuran…..Khususnya Kacang-kacangan…. Hingga menjadi besar, dan mencapai KEMAKMURAN Luar biasa di ALABAMA, Penghasil Utama dari ALABAMA, dan menjadi jauh lebih baik bagi pendapatan Para Petani ALABAMA, sebagai Penghasil SAYURAN.

Setelah semua itu terjadi…..Para petani, sepakat untuk membuat Monumen, dan Monumen itu adalah MONUMEN dengan Patung KUMBANG KAPAS disebut juga Boll Weevil Monument, seperti pada Foto diatas artikel ini...

Ditulisnya dalam Monumen itu…..

Tulisan Monumen
”Untuk mengenang kebaikan KUMBANG KAPAS yang telah mendatangkan KEMAKMURAN”

Kata-kata Aslinya seperti ini ….
"In profound appreciation of the Boll Weevil and what it has done as the herald of prosperity, this monument is erected by the citizens of Enterprise."

Penasaran?? Foto lengkap dan ceritanya Klik disini

:: KEKUATAN BESAR dari MUSIBAH

Dua kisah diatas…..Pelajaran apa yang bisa diambil ? Semoga kita semua dapat mengambil hikmahnya….

Mencoba mengambil substansi dari cerita diatas……Allah SWT memberitahu kita….
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS Albaqoroh : 216)

Harun Yahya menjelaskan dalam Situsnya….
Allah menguji setiap manusia dengan ujian yang berbeda, beragam jenisnya, serta melalui pengenalan yang berbeda pula. Akan tetapi, perlu disebutkan bahwa Allah Maha Adil dan Dia sabar dalam menghadapi hamba-hamba-Nya (al-Halim). Dia tak pernah membebani seseorang melebihi apa yang ia mampu. Ini adalah janji Allah,

"Kami tiada membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya, dan pada sisi Kami ada suatu kitab yang membicarakan kebenaran, dan mereka tidak dianiaya." (al-Mu`minuun: 62)

"Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, Kami tidak memikulkan kewajiban kepada diri seseorang melainkan sekadar kesanggupannya, mereka itulah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya." (al-A'raaf: 42)

Penyakit, kecelakaan, semua bentuk tekanan, dan segala macam ujian yang dihadapi seseorang dalam kehidupan dunia, adalah dalam rangkaian batasan kemampuan seseorang untuk mengatasinya. Akan tetapi, jika seseorang memilih untuk mengingkari dan tidak bersyukur kepada Allah dan lebih memilih perbuatan setan daripada memelihara nilai-nilai mulia Al-Qur`an-misalnya kesabaran-maka pada akhirnya ia akan menanggung balasannya.

Memandang POSITIF tentang MUSIBAH dan COBAAN ini, Harun Yahya menulisnya, Dapat dibaca disini.

Untuk kita tentu saja….…..Keluh kesah tanpa solusi, tanpa aksi….. adalah NOL..
Semoga ujian dan Cobaan bahkan musibah yang kita alami, menjadikan kita lebih tegar…lebih mengerti dan lebih Dewasa lagi….

Bahwa ada kekuatan BESAR yang sedang bermain…..dan yakinlah, Kekuatan besar itu sedang membuat kita untuk menjadi lebih baik….bukan menjadi TERPURUK.

Lihatlah sekeliling kita…..semua ditampakkan….baik buruknya…Tidakkah kita meyakini, bahwa Lingkungan sedang mendidik kita untuk lebih baik…..
YAKINLAH Bahwa kekuatan ALLAH, MAHA DAHSYAT…sekiranya apa yang dikehendaki…semua bisa terjadi….TERJADILAH… KUN FAYAKUN….

Kehilafan, …hanya Ampunan obatnya…Semoga kita semua selalu memohon Ampun….
Dengan Sujud ….serta kerendahan hati….dan sabar…..

Saya….Bukan ustadz atau kiyai….. menulis ini bukan berarti lebih tahu, tapi karena keingin tahuanlah ….dengan harapan,  menuliskannya menjadi pembelajaran untuk memotivasi saya tentang satu keyakinan ….  akan Peran SANG PENCIPTA.

Banyak ketidak tahuan dari saya, …..dan rasanya wajar..…. Untuk itulah kadangkala, menjadi lebih mudah ketika kaca mata orang lain dipakai untuk memahaminya…
.
Semoga kita semua termasuk kedalam orang-rang yang selalu mengerjakan Amal-amal Shaleh…Aamiin3 YRA.

Salam,
Hendrawan


NOTE:
Sahabatku semua....jadilah selalu Penular Nilai-nilai Kehidupan atau disebut juga VALUE AMBASSADOR, When The Heart Rules the Mind,... yang pastinya akan memiliki nilai positif bagi lingkungan yang akan kembali ke diri anda, keluarga anda, dan tentu saja lingkungan...

Ingin memiliki bukunya? silahkan KLIK Disini .
Ingin baca sinopsisnya? silahkan Klik DISINI.


Rasakan perubahan ini dalam keseharian, dalam keluarga dan pekerjaan, setelah anda selesai membaca buku ini,  …… buku ini TIDAK akan membuat anda menjadi lebih Kompeten, lebih berkarakter atau lebih Komunikasi, tetapi secara perlahan dan bertahap akan membuat anda berbeda, mengerti akan kemampuan dan potensi diri, lingkungan, melebur menjadi seseorang yang bernilai, menjadi diri sendiri dengan jati dirinya, dan masuk dalam Lingkar Pengaruh sebagai Value Ambassador, karena semua ini menuju suatu pola dan anda akan merasakan pengalaman dari orang lain,  InshaAllah.


2 komentar :

  1. https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/5-manfaat-tersembunyi-daun-mint-apa-saja.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/ruben-onsu-kecam-pihak-yang-menyudutkan.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/mahasiswa-china-di-australia-diimbau.html

    Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan