Minggu, 14 Oktober 2012

Komunikasi dalam Kepemimpinan

Bila anda penyuka Gadget,  akan mengambil keputusan,  membeli produk Merk Samsung atau Apple...yang sekarang ini sedang ramai berseteru...., Lebih suka Produk mana?

Keputusan anda sedikitnya akan dipengaruhi informasi yang anda terima selama ini, karena pasti ada peran komunikasi didalamnya, hingga anda memutuskan membeli salah satu produk diatas.


Komunikasi ini, bisa diciptakan oleh produsen merek tsb melalui televisi, majalah dll, atau dari lingkungan anda yang sudah terlanjur "terkontaminasi" untuk memakai salah satunya.... sebagai multiplier Effect dari informasi yang tadi (sengaja) diciptakan.......


Masih Ingat, saat Samsung dituntut Apple, dan kalah di Pengadilan Amerika?, lalu kenapa Samsung kembali menggugat balik?  ..... bukan semata-mata masalah hak cipta,  .....tapi karena kuatnya Komunikasi yang perlu ditanamkan di benak anda saat ini, bahwa anda perlu/harus cukup Pede-Percaya Diri untuk memakai produk Kami...  untuk itulah Samsung perlu menggugat .....



:: PENDENGAR LEBIH BANYAK DARI PEMBACA

Dalam suatu kajian,  sebanyak 45% komunikasi kita banyak dihabiskan untuk mendengar berbanding bicara (35%), membaca (16%) dan menulis (9%). Inilah yang berlaku dalam dunia pendidikan hari ini,  dan ternyata  menjadi pendengar yang baik secara langsung membentuk personaliti anda agar peka kepada orang lain.

Beberapa waktu yang lalu,  kondisi Kota Jakarta sedang melaksanakan Pesta Demokrasi,  banyak fenomena menarik dari kejadian ini, persaingan antara cagub yang luar biasa, dan terlihat sekali bagaimana  peran komunikasi yang dipakai.... persis ketika berlangsungnya pemilikan Obama menjadi Presiden Amerika....  dan kita menyimaknya sebagai Pendengar bukan?... hingga akhirnya menyimpulkan.......hmmm....


:: PEMILU DKI

Kalau anda bertemu dengan warga DKI, tanyakan  kenapa dia memilih Jokowi atau Foke? 
jawabannya pasti sangat lancar dan seolah dia mengenal betul siapa Foke dan Jokowi..... tapi apakah dia mengenal betul (secara personal) orang yang dipilihnya?...tentu tidak...
itu semua merupakan bentuk keberhasilan dari  mengoptimalkan Komunikasi...

Dalam Debat CAGUB....ketika kampanye berlangsung...yang ditayangkan oleh Metro TV tgl 16 Sep 2012, ada hal menarik dari pernyataan JOKOWIE.

dia menyatakan, .... menjadi Gubernur,  di Kantor itu cukup Satu Jam saja, pekerjaan dapat didelegasikan kepada Wagub, dan memberdayakan lebih banyak lagi kepada Para Kepala Dinas dan Pegawai. Gubernur harus lebih banyak berkomunikasi dengan Rakyatnya, dan juga menyampaikan kebutuhan dan ber-Komunikasi dengan Pusat, karena inti dari Permasalahan di sini adalah KOMUNIKASI.

Ini adalah bentuk pemahaman Leadership yang sudah nempel dan menjiwai dari seorang Calon Pimpinan, karena memang dari keseluruhan atau segala parameter Leadership, berujung pada bagaimana Seorang Pemimpin dapat berkomunikasi dengan semua elemennya.

Sehebat-hebatnya program, ide, atau visi dan Misi sekalipun, kalau tidak memiliki Komunikasi yang baik, menyerap aspirasi dari Rakyat sebanyak-banyaknya, dengan penciptaan saluran Komunikasi yang baik, tanpa membuat Rakyat sulit/sungkan menyalurkan suaranya..... atau bagaimana menyampaikan program ke tingkat yang lebih tinggi, agar program hebat itu dapat terlaksana, semuanya hanya bisa dicapai dengan KOMUNIKASI bukan?.

:: TERBANG BERSAMA CEO (DIRUT) AIR ASIA

Awal tahun 2012 ini, ... saya berlibur bersama keluarga ke Kualalumpur Malaysia, sebagai bagian dari acara Refreshing Keluarga .....seperti yang pernah saya ceritakan di Kolom Wisata Kuala Lumpur.

Ketika Pesawat yang kami tumpangi sudah stabil, maksudnya.... setelah Autopilot difungsikan,... dari bagian depan seseorang dengan bertopi Merah Air Asia berdiri dan kelihatan Asik mengajak ngobrol Penumpang bagian depan, kemudian bertahap dia mengajak bicara dengan akrabnya ke penumpang lainnya...terus sampai ke Belakang....dia berkomunikasi dengan semua Penumpang..... Wooww...siapakah dia??
  
Setelah selesai melewati para penumpangnya, .....pramugari menyampaikan infromasi, kabar gembira bahwa penerbangan ini ditemani oleh Pemilik sekaligus CEO-Dirut AIR ASIA, Mr. Tony Fernandes

Ternyata!!...itulah salah satu cara Management Air Asia menyerap aspirasi pelanggannya. Harus diakui, penerbangan yang masih menjadi Favorit ini, selain karena low price tapi kualitas dan pelayanan yang dirasakan sebagai penumpang masih terjaga,......tidak heran, Maskapai ini, sejak 2001, sukses menjadi Maskapai Murah dan mendapat penghargaan sebagai yang Terbaik Sedunia tahun 2012 versi Skytrax, yang diumumkan di Farnborough, Inggris, Kamis 12 Juli 2012, bahkan mengalahkan Virgin America.

Apa yang membuat Air Asia berhasil?.....keberhasilan ini tentu saja, tidak lain karena Air Asia mau mendengarkan (berkomunikasi) Apa yang menjadi keinginan Pelanggan kemudian memformulasikan ke dalam program Management Perusahan dengan menjaga Standar Kualitas (Quality of Service) tertentu.  

:: TEORI KOMUNIKASI

Komunikasi juga berasal dari akar kata dalam bahasa latin Communico yang artinya membagi (Cherry dalam Stuart, 1983). D
alam bahasa Inggris communication,  berasal dari kata latin communicatio, dan bersumber dari kata communis yang berarti sama, sama disini adalah sama makna (Wikipedia).

Sebuah definisi singkat dibuat oleh Harold D. Lasswell bahwa cara yang tepat untuk menerangkan suatu tindakan komunikasi ialah menjawab pertanyaan “Siapa yang menyampaikan, apa yang disampaikan, melalui saluran apa, kepada siapa dan apa pengaruhnya".


Jadi Komunikasi meliputi lima unsur, yaitu:
  1. Komunikator (siapa yang mengatakan?)
  2. Pesan (mengatakan apa?)
  3. Media (melalui saluran/ channel/media apa?)
  4. Komunikan (kepada siapa?)
  5. Efek (dengan dampak/efek apa?).
Dalam keseharian, orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkomunikasi daripada aktifitas yang lainnya, dan dapat dipastikan bahwa seseorang berkomunikasi hampir di semua aspek kehidupan. Lebih dari itu, Enjang (2009) mengatakan, “Humans are talked into humanity”, yang berati bahwa seseorang memperoleh identitas pribadi selama orang tersebut berkomunikasai dengan orang lain. 

:: KOMUNIKASI YANG BAIK

Bagi seorang Pemimpin, Peranan komunikasi yang baik adalah sebagai berikut :

1. Menyampaikan informasi
Memberikan sebuah pesan berupa fakta, data, opini, berita atau komentar yang dibutuhkan agar komunikan dapat mengerti. Selanjutnya diharapkan komunikan dapat beraksi secara jelas terhadap kondisi, situasi lingkungan serta orang lain, dan dapat mengambil keputusan yang tepat. Termasuk dalam kategori informasi, adalah sosialisasi hal-hal tertentu khususnya dalam komunikasi massa.

2. Mendidik
Menyampaikan ilmu pengetahuan atau fakta ilmiah dengan tujuan mendorong perkembangan intelektual, menambah pengetahuan dan atau ketrampilan tertentu. Memberikan bahan diskusi untuk tujuan melatih berpikir, adalah contoh informasi untuk mendidik.

3. Menghibur
Proses komunikasi yang berfungsi untuk memulihkan suasana hati komuikan yang memeiliki perasaan tidak nyaman menjadi nyaman, menghilangkan kesedihan atau menumbuhkan suasana kegembiraan. Fungsi komunikasi yang bersifat menghibur dapat ditujukan untuk individu maupun kelompok.

4. Mempengaruhi
Mempengaruhi seringkali dikaitkan dengan tolok ukur keberhasilan dalam kepemimpinan, dimana peran komunikasi ini menjadi penentunya.

Karena, proses Komunikasi harus memiliki Fungsi Meminta, Memberitahukan dan Mendengar. untuk itu berikut Tips Komunikasi yang baik, adalah  :
1. Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik.
2. Organisir pikiran anda.
3. Pilih kata-kata yang ringkas untuk menyampaikan pesan Anda.
4. Hindari kata-kata asing atau topik yang mengalihkan perhatian dari topik utama Anda.
5. Fokus pada topik utama Anda menggunakan kata-kata sesedikit mungkin.

Demikian artikel ini saya buat disaat kami sedang membahas "hal strategis" yang memerlukan komunikasi yang intens dan dapat dipahami oleh semua kalangan....


Mulai sekarang, ketika anda masuk kantor pagi hari.....sapalah bawahan, rekan atau atasan anda...cleaning service, pekerja lainnya, satpam dll....untuk melatih cara komunikasi dan kepedulian anda, dan jangan lupa hiasi dengan Senyum...hehe...


Semoga bermanfaat....

Salam,
Hendrawan

Referensi teori, diambil dari :

Wikipedia, sttnusantara.com, borneo-drive.com, dan sumber bacan lainnya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan