Jumat, 27 Desember 2013

Wisata SHENZHEN (part 6/7) – Wisata negeri China

Merasakan negeri China dari Hongkong? bisa!!, caranya harus ke Shenzhen,….Kota Shenzhen ini banyak diminati tumpahan Turis dari Hongkong, selain Surga Belanja Murah, Tempat Wisata menarik, tapi dengan Sarana Transportasi yang juga tetap Baik, seperti Hongkong, so….tidak ada kesulitan selama main disana, walaupun kelemahannya, selama di Shenzhen, sulit sekali cari orang yang bisa Bahasa Inggeris.


:: Perjalanan ke Shenzhen.

Walaupun sama di China, Shenzhen punya keunikan juga dibanding dengan kota Shanghai...atau kota lainnya di China.


Masih berangkat dari Hongkong... dari Tsim Sha Tsui...

Check out dari Hotel yang berlokasi di Tsim Sha Tsui, Bawa Koper sekalian, …..Perjalanan Menuju Shenzhen, Rute perjalanan sudah kita siapkan :
·  Tsim Sha Tsui - Kowloon, Tujuan Stasiun Hung Hom naik MTR West Rail Line
·  Kemudian, Naik MTR East Rail Line ke Stasiun LOWU
    Agar diperhatikan nih..... sebelum naik MTR, CEK DULU jurusan MTR ini, karena MTR ini ada yag berhenti di LOWU dan ada yang di LOK MA CHAU.
    Tapi kalaupun salah, sekali lagi, gak usah Khawatir,..... sama dengan saya, salah arah, malah nerobos ke LOK MA CHAU, ya sudah, balik lagi saja ke Station SHEUNG SHUI, setelah itu ganti naik MTR yang sama, tapi pilih yang tujuan LOWU.
  Walaupun sebenarnya, Lok Ma Chau ataupun LOWU sama-sama berada di perbatasan, tapi karena tujuan saya adalah ke Hotel yang berada di Station LAO JIE, jadi saya harus ke LOWU, biaya Tiket  HKD 32,-, lama perjalanan 40 menit.
·   Sampai St. LOWU, melintasi imigrasi Hongkong dan imigrasi China total sekitar sekitar 1 jam.
·   dilanjutkan dengan kereta Shenzhen Metro ke Stasion Laojie (Hotel), sekitar 10 Menit, Sampai Deh....

:: IMIGRASI dan REGISTRASI VISA CHINA

Setelah sampai di LOWU Station, kira-kira jalan sekitar 400 Meter-an, menuju Imigrasi perbatasan Shenzhen. Setelah pemeriksaan Imigrasi Hongkong, menyeberangi perbatasan menuju Imigrasi CHINA.

Turis dari Hongkong, harus pake VISA menuju CHINA, tapi kalau Penduduk Hongkong asli, GRATIS, ...namun, tidak usah Khawatir, ada pengurusan VOA (Visa On Arrival). Caranya gampang…
·  Jalan kaki, Setelah melewati Imigrasi Hongkong, Sebelum masuk ke Imigrasi CHINA, belok KIRI ada tangga menuju lantai Atas satu Lantai, ada petunjuk kecil VISA Administration.
·   Isi FORM Registrasi, kemudian Ambil ANTRIAN dan siapkan PASSPORT, disitu ada kantor tempat tunggu dengan TIGA LOKET berderet, masing-masing LOKET REGISTRASI, Loket PEMBAYARAN, dan LOKET Pengambilan PASSPORT dengan VISA-nya.
·   Nanti akan di Panggil dan di PHOTO, kemudian disuruh bayar per Orang RMB (Ren Min Bi atau YEN) 168,-  jadi sekitar Rp 320rb-an. Saya bayar pake Master CARD aja, beress dah…
·   Tunggu dipanggil, selesai deh dengan CAP VISA CHINA, biasanya diberikan waktu sekitar 5 Hari wisata saja… tapi lumayaann kan?
Lama Perjalanan total yang diperlukan dari TST ke Shenzhen sekitar 2,5 jam, termasuk pengurusan VISA, kebetulan antrian tidak terlalu banyak.


:: MENUJU HOTEL

orbits: ztl hotel
Sekedar Tahu aja ya, Hotel disini, jauh lebih gede, lebih murah dibanding Hongkong, googling  aja, atau seperti yang saya beritahu di artikel sebelumnya, tinggal pilih, dan hampir semua hotelnya sangat layak huni.

Alamat Hotel yang saya Booking, tercatat,  Hotel ZTL/Days Inn ShenZhen ****, 57 Yongxien Street, Jiefang Rd, Luohu district, Lao Jie Station D Exit.

Begitu keluar Imigrasi, mencari Kereta METRO SHENZHEN di Station LUO HU, sejenis MTR/MRT-nya di Shenzhen. Setelah beli tiket/Koin langsung menuju Station yang menuju Lantai Bawah. Mulai petualangan ala TARZAN, kagak ada yang bisa bahasa Inggeris…. ampuunn deh…

Untung Bawa MAP Metro Senzhen yang sudah saya PRINT sebelumnya, tunjukan sama satpam sana, langsung paham…..

Muslim Restaurant
Hanya sekitar 3 Station saja, kita sudah sampai di Staion LAO JIE, begitu keluar EXIT D, bingung cari Hotel di sebelah mana, begitu nengok ke atas, Looh…..ada tulisan Lampu GEDE tertulis ZTL , kita persis berada di depan HOTEL, jadi nih hotel Strategis banget… kita langsung deh Check in. 

Ke Hotel Dulu, simpan Koper, istirahat….

Cukup 15 menit merasakan empuknya tempat tidur di Hotel, karena masih semangat 45 ….langsung orientasi sekitar hotel, eh…nemu Restaurant HALAL FOOD, sekitar 50 meter dari Hotel, menuju Dong Men Street….senengnya.
Ya sudah, kita makan disini dulu, selanjutnya nih RESTO jadi langganan…… komunikasinya?? Sama saja, pake bahasa TARZAN, campur bahasa pemersatu,  Assalamualaikum… wakakkak….

:: Wisata di Shenzhen

Langsung Menuju Lokasi WINDOWS OF THE WORLD  disingkat WOW ...
Karena sudah tahu dari peta, langsung naik METRO menuju Station Window of The World station  atau Bahasa Chinanya…station Shi Jie Zhi Chuang, rasain tuuh, ngomongnya aja belepotan ….makanya belajar bahasa China, …. 

Masbuloh (Masalah buat Loh)?!! huahahaha

Di WOW ini, kamu … banyak Simbol-simbol dunia hadir disini, makanya di sebut jendela dunia, mulai dari EIFFLE, menara PISA, SPINX dll…..lengkap, bahkan borobudur aja ada….siap-siap aja fisik, 40 Hektar bruurrr…..tapi bisa sewa atau naik kereta….

Saking betahnya disini, akhirnya gak keburu menuju Splendid of China and China Folk Culture Villages (Hua Qiao Cheng Metro Station, exit D), tapi lain kali……aku akan kesana InsyaAllah!!.

So,
kalau mau lebih lengkap tentang Windows of The World, silahkan klik disni  atau disini 

kalau mau lebih lengkap tentang Splendid of China and China Folk Culture Villages., silahkan klik disini

:: Wisata Belanja di Shenzhen

Sesuai Target, Bawa Satu KOPER, pulang harus  jadi DUA…..caranya??  yuukk mari, belanja..  Dimana saja lokasi belanja disini???  Mau FASHION, MAU Elektronik, atau mau TAS???

Kalau Dong Men Street dimana saya tinggal, itu lebih banyak Fashion….keren –keren dan so pasti MURAAHH………. Mau lebih lengkap nih ya…klik linknya.

Yang wajib ditengok ya, nih catett…

:: Luo Hu Commercial City


luohu commercial city
Keluar dari imigrasi Luo Hu,  cukup naik satu lantai, Luo Hu Commercial City di sebelah kanan. Bangunan 6 lantai ini berisi banyak toko yang bisa menghabiskan waktu seharian jika ingin melihat dan memborong barang. Mulai dari TAS bermerek (keasliannya tentu diragukan), koper (sepertinya jualan utama di sini), hingga pakaian jadi dan sepatu. 

Keahlian menawar diperlukan, komunikasinya ya cukup oper-operan kalkulator untuk menawar, betuknya…kira-kira sama dengan ITC Mangga dua deh…

Perlu referensi lain?? Cekidot nih… klik disini 

:: Dong Men Shopping Street 

menuju Dong men Street
Ada Dong Men shopping street yang menjual merek-merek lokal. Untuk ke sini, menuju di Lao Jie station, kebetulan saya menginap disini, jalan kira-kira 5 menit, mulai sore, bakal ramai banget…seramai-ramainya…... Dong Men semacam jalan yang khusus pedestrian, semakin malam semakin ramai dengan kawula muda. Barang yang dijual di sini cukup unik, karena merek lokal, yaa…nyerempet-nyerempet merek yang sudah branded dunia lah…

Penjualnya? jangan ditanya deh.... 
tiap toko semua penjualnya dandan, hmm...... amoynya cantik-cantik wkwkwk... :)

:: Hua Qiang Lu

Hua Qiung Lu Station. Cari pintu exit A, belok kiri, papan iklan sepanjang jalan produk elektronik. SEG Electronic Market, terletak di corner jalan Hua Qiang, Gedung berukuran raksasa berlantai 10, isinya electronic semua. Dua lantai pertama berisi toko komponen kecil (seperti switch, transistor, IC, dll), mulai lantai 3-10 baru barang jadinya. 2 lantai khusus menjual notebook/laptop merek top seperti Acer, Lenovo hingga merek lokal yang bikin Anda terbengong-bengong karena designnya mirip Apple Macbook. Lalu ada lantai khusus menjual PC dan aksesorisnya (VGA Card, Disk drive, Harddisk), dan ada lantai khusus menjual aksesoris seperti sarung handphone, tas notebook, mouse dan keyboard.

Kurang puas??? Baca nehhh….lokasi belanja di Shenzhen

yuukk kesana lagiiii...
Bersambung... ke Part 7 - Tips dan Wisata di Hongkong dan Shenzhen

Salam,
Hendrawan

Baca juga, Wisata Lainnya....


HONGKONG DAN SHENZHEN (CHINA)


KUALA LUMPUR - MALAYSIA

ARAB SAUDI
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#1) - Persiapan dan bawaan Umroh
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#3) - Wisata Religi Mekah–Madinah–Jeddah

AUSTRALIA - SYDNEY

CHINA - SHANGHAI

KOREA - SEOUL

SINGAPURA

PENTING!! sebelum ke Luar Negeri BACA :  Tips Perjalanan Ke Luar Negeri

2 komentar :

  1. wow legkap sekli perjalanannya, saya juga sudah pernah ke cina hanya saya pakai agen wisata fiesta indonesia, sangat seru di sana nice info, www.facebook.com/fiestaindonesia/

    BalasHapus
  2. terima kasih Mas, kunjungannya....

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan